Kesehatan / Informasi / Tips Mencegah Penyakit Pasca Lebaran

Tips Mencegah Penyakit Pasca Lebaran

BE Lover, pada rtikel sebelumnya kita sudah membahas tentang penyakit pasca lebaran. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mencegahnya? Nah, pada artikel ini secara khusus akan dibahas 5 Tips Mencegah Penyakit Pasca Lebaran.

Istirahat yang Cukup

Perjalanan mudik lebaran di Indonesia ini penuh perjuangan. Namun semuanya tetap dijalani demi untuk menikmati indahnya lebaran di kampung halaman. Bersilaturahmi, temu kangen dan berjabat tangan dengan sanak keluarga adalah tujuan. Semuanya harus dibayar dengan rasa lelah dan mengantuk pasca lebaran. Kondisi ini berpotensi menyebabkan menurunnya stamina dan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi lemah dan rentan sakit.

Mengawasi Pola Makan

Saat lebaran kita seringkali lost kontrol dengan pola makan. Berkumpul bersama keluarga besar dengan suguhan hidangan yang serba enak adalah tantangan berat saat lebaran. Meskipun demikian, kita perlu ingat bahwa kesehatan itu mahal harganya. Jangan sampai pasca lebaran justru kita harus terbaring sakit dan terhambat untuk menjalankan aktivitas harian. Perhatikan jadwal makan dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pastikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terjaga.

Waspada Makan Makanan Tinggi Kolesterol

Saat lebaran hidangan tinggi kolesterol selalu menjadi menu andalan dalam hidangan pagi kita. Untuk kesehatan sebaiknya kita menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ini. Beberapa jenis makanan berkoleterol tinggi yang sebaiknya dihindari antara lain jeroan, sea food, daging, makanan bersantan dan lainnya.

Konsumsi Buah dan Sayur

Saat lebaran sebaiknya jangan absen mengkonsumsi buah dan sayur. Justru sebaiknya kita memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat lebaran. Mengapa? Karena buah dan sayur terkenal kaya serat yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat pada buah dan sayur bermanfaat membantu menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Oh ya, sebagai informasi tambahan. Serat yang bermanfaat untuk menyerap kolesterol adalah jenis serat yang larut dalam air. Serat jenis ini banyak terdapat pada buah-buahan seperti apel, anggur dan jeruk. Nah, yuk kita budayakan untuk menyajikan buah-buahan di meja tamu!

Rutin Minum Obat Bagi Penderita Penyakit Kronis

Nah, bagi Anda yang menderita penyakit kronis selain perlu menjaga pola makan juga jangan pernah lupa minum obat. Agar penyakit yang diderita tidak mengganggu keindahan hari lebaran Anda.

Demikian 5 tips sederhana mencegah penyakit pasca lebaran. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...