Kesehatan / Pola Hidup / Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Tips Hidup Sehat – Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita pada Allah Swt. Kesehatan merupakan salah satu nikmat Allah yang istimewa. Dengan tubuh yang sehat kita bisa beraktivitas dengan maksimal. Dengan tubuh yang sehat kita bisa beribadah dengan khusyuk dan bekerja lebih maksimal. Karena itu, jangan pernah abai dalam menjaga kesehatan.

mutiarapublic.com

mutiarapublic.com

Rasulullah Saw adalah suritauladan ideal bagi seorang muslim. Tidak hanya dalam urusan ibadah, akan tetapi juga dalam peri kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam hal menjaga kesehatan. Banyak riwayat dari para sahabat yang menceritakan tentang fisik Rasulullah yang kuat dan bugar. Rasulullah dikenal jarang sakit sepanjang hidupnya. Rasulullah memilki ketahanan fisik yang luar biasa. Kekuatan fisik ini merupakan salah satu modal bagi Rasulullah dalam menjalankan tugas berat dalam menyebarkan islam. Sebagaimana kita tahu, tantangan dakwah Rasulullah tidaklah ringan. Rasulullah harus melewati berbagai rintangan, tekanan fisik hingga menjawab tantangan perang dari kaum kafir yang menentang dakwah beliau.

Apa rahasianya hingga Rasulullah Saw memiliki kekuatan fisik yang luar biasa? Rasulullah Saw dalam sunnah-nya telah mengajarkan pada kita tips hidup sehat secara islami. Apa saja tips hidup sehat yang diajarkan oleh Rasulullah? Berikut dalam tulisan ini akan kita ungkap rahasia hidup sehat ala Rasulullah Saw.

Konsisten Bangun Sebelum Subuh

Rasulullah Saw selalu mendorong ummatnya untuk bangun sebelum subuh. Memanfaatkan sepertiga malam yang terakhir untuk sholat dan bermunajat kepada Allah. Kemudian disambung dengan sholat fajar dan subuh berjama’ah di masjid. Sebelum subuh merupakan waktu yang diberkahi. Allah melimpahkan rahmat dan ampunannya pada waktu-waktu tersebut.

Konsisten bangun sebelum subuh akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Mengapa demikian? Karena tubuh kita akan terbiasa menghirup udara pagi yang masih bersih dan segar, jauh dari polusi. Kita juga akan memiliki kesempatan untuk menyambut sinar matahari pagi yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu, bangun sebelum subuh memungkinkan kita beraktivitas dengan tenang dan tertata, tidak terburu-buru. Diawali dengan beribadah (sholat, dzikir dan berdoa), bersih-bersih, olahraga, mempersiapkan keperluan kerja, mandi, sarapan dan seterusnya.

Lain halnya kalau kita bangun kesiangan. Kita tentunya akan kehilangan banyak waktu dan beraktivitas dengan tergesa-gesa. Mungkin kita tidak akan sempat lagi olahraga, tidak sempat sarapan pagi dan yang lebih ruginya adalah kita kehilangan kesempatan untuk menikmati udara dan matahari pagi yang jauh dari polusi.

So, intinya membiasakan diri bangun sebelum subuh adalah salah satu gaya hidup sehat yang perlu dipertahankan. Bangun sebelum subuh membuat kita memiliki kesempatan untuk membina kesehatan jasmani dan rohani.

Menjaga Kebersihan

Islam sangat memperhatikan perihal kebersihan. Kebersihan yang ditekankan di sini tidak hanya berkaitan dalam hal ibadah. Akan tetapi terkait dengan semua aspek kehidupan. Mulai dari kebersihan diri, kebersihan lingkungan, kebersihan makan, dan lain sebagainya. Mulai dari hal-hal yang sepele hingga hal-hal yang sangat seirus.

Banyak sunnah Rasulullah yang mengajarkan pada kita untuk menjaga kebersihan. Contoh sederhananya adalah syariat bersiwak untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Secara khusus dalam beberapa hadist diriwayatkan bahwa Rasulullah Saw menganjurkan pada ummatnya untuk bersiwak. Sebagaimana dalam salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Sekiranya tidak memberatkan ummatku, sungguh aku akan memerintahkan pada mereka untuk bersiwak setiap kali hendak sholat.”

Menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting diperhatikan. Karena ini berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan khususnya gigi. Gigi dan mulut yang tidak terawat akan rentan mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti bau mulut, gigi berlobang, radang gusi, dan masalah-masalah lainnya.

Tidak hanya kebersihan gigi dan mulut. Rasulullah Saw juga mengajarkan pada ummatnya untuk menjaga kebersihan anggota tubuh yang lain. Beberapa sunnah Rasulullah Saw yang berkaitan dengan kebersihan ini antara lain, memotong kuku, mencukur bulu ketiak, mandi, memakai wewangian, dan lainnya.

Selain itu, islam juga sangat memperhatikan kebersihan makanan. Ummat islam ditekankan untuk tidak mengkonsumsi makanan melainkan yang halal dan toyyib. Ummat islam juga disyariatkan untuk menutup makanan dan minuman agar tidak dihinggapi oleh serangga (lalat) dan kotoran. Sehingga makanan yang dikonsumsi aman dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Menjaga Pola Makan Sehat

Pola makan sehat adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Ternyata, Al quran sejak berabad-abad silam sudah berbicara tentang pola makan sehat ini. Beberapa ayat dalam Al quran yang berbicara tentang makanan dan pola makan ini antara lain; QS. Abasa: 24, QS. Al Baqarah: 168,  QS. Al Maidah: 88,  QS. Al Anfal: 69, QS. An Nahl: 114, dan Al A’raf: 31.

Beberapa poin penting yang ditekankan dalam islam terkait dengan pola makan sehat ini antara lain:

  1. Perhatikan apa yang dikonsumsi (QS. Abasa: 24)

Dalam Al Quran surat Abasa ayat 24 Allah Swt mengingatkan pada kita agar bersungguh-sungguh dalam memperhatikan apa yang dikonsumsi. Apa saja yang harus diperhatikan? Hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut terkait dengan aspek kehalalannya, aspek gizi, aspek manfaat, hingga aspek jumlah. Kita harus paham betul bahwa apa yang kita konsumsi merupakan makanan yang halal, sehat, bermanfaat dan tidak berlebih-lebihan.

1. Makanan yang dikonsumsi haruslah halal dan thoyyib (QS. Al Baqarah: 168, . Al Maidah: 88,  QS. Al Anfal: 69, QS. An Nahl: 114)

Ada dua syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk makanan yang dikategorikan layak konsumsi, yakni: (1) Halalan (halal), yakni zatnya dihalalkan secara syariat dan berasal dari sumber yang halal. (2) Thayyiban (baik/bergizi), yakni merupakan makanan yang baik, bersih dan bergizi.

2. Tidak berlebih-lebihan (QS. Al A’raf: 31)

Adapun pola makan sehat yang diajarkan oleh Rasulullah Saw adalah ‘makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang’. Artinya, Rasulullah mengajarkan kita untuk menahan diri, tidak rakus dan tidak makan kecuali sesuai dengan porsi yang diperlukan oleh tubuh.

Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik (gerak) sangat dibutuhkan oleh tubuh. Aktivitas fisik ini diperlukan untuk mengendorkan otot-otot tubuh yang kaku, memperlancar peredaran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, menyehatkan jantung dan mengeluarkan racun-racun tubuh melalui keringat.

Rasulullah mencontohkan pada kita untuk senantiasa aktif melakukan gerak fisik. Rasulullah sangat gemar berolahraga untuk terutama memanah dan berkuda. Sebagai muslim, kita juga seharusnya meluangkan waktu untuk berolahraga.  Atau jika memang tidak memiliki waktu khusus kita bisa menggantinya dengan aktivitas fisik lain. Misalnya dengan berjalan kaki ke tempat kerja, melakukan pekerjaan rumah tangga secara manual dan aktivitas fisik lain yang memungkinkan seluruh anggota tubuh kita aktif bergerak.

Rajin Puasa

iklanpos.co.idPuasa secara empiris sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Ibadah puasa jika diniatkan dengan ikhlas tidak hanya menyehatkan tubuh secara jasmani, tapi juga secara rohani. Ibadah puasa merupakan sarana detoks bagi tubuh. Yakni sarana untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Puasa juga baik bagi sistem pencernaan tubuh. Karena dengan berpuasa kita memberi kesempatan pada organ-organ dalam sistem pencernaan tubuh untuk beristirahat.

Menghindari Marah

Nasehat Rasulullah Saw pada ummatnya yang sangat populer adalah, “jangan marah!”. Nasehat ini diulang oleh Rasul hingga tiga kali. Ini menunjukkan bahwa kemampuan menahan diri dari sifat marah sangat penting bagi kesehatan. Karena kesehatan mental/psikis akan berpengaruh secara langsung pada kesehatan tubuh.

Sholat

Hakikatnya semua ibadah dalam islam jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akan memberikan efek positif bagi pelakunya. Tidak hanya ibadah puasa yang memberikan efek positif bagi kesehatan. Ibadah sholat juga demikian. Gerakan sholat yang benar dan tuma’ninah memberikan manfaat positif untuk melancarkan peredaran darah, dan melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.

Berdoa

Berdoa memang tidak memberikan efek langsung bagi kesehatan. Akan tetapi berdoa adalah cara seorang hamba untuk berkomunikasi dengan Tuhan-nya. Melalui doa kita bisa meminta, memohon dan berharap kesembuhan serta kesehatan pada Sang Khalik. Karena itu, jangan pernah tinggalkan doa. Luangkanlah waktu sejenak setelah sholat-sholat kita untuk memohon kesembuhan dan kesehatan pada Allah Swt.

Demikianlah beberapa tips hidup sehat ala Rasulullah Saw. Bagaimana islam melalui Al quran dan sunnah Rasul mengajarkan cara hidup sehat pada ummat-nya. Sementara Rasulullah Saw merupakan real model yang sudah menerapkan tips dan cara hidup sehat tersebut secara nyata dalam kehidupannya sehari-hari.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. Menjaga kesehatan itu simpel ya sebenarnya.. :)

  2. Neti Suriana

    Ya mbak riski, hanya saja kita terkadang lebih banyak lalainya :) trimakasih udah mampir ya!

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...