Kesehatan / Lain-lain / Tips Agar Tetap Segar Selama Puasa

Tips Agar Tetap Segar Selama Puasa

Tetap Segar Selama Puasa – Puasa bukan alasan bagi kita untuk tampil lemas, loyo dan tidak bersemangat. Karena, selama puasa Anda tentu tetap harus menjalani berbagai aktivitas bukan? Tidak ada instansi pemerintah ataupun perusahaan yang menutup aktivitasnya selama bulan puasa. Bahkan, sebagai enterprenuer, freelancer atau bahkan ibu rumah tangga, Anda tetap harus menjalani berbagai aktivitas setiap hari. Jadi, tak ada alasan tidak bersemangat menjalani hari-hari selama bulan  puasa ini.

Sumber Gambar: www.ydbp.ui.ac.id

Sumber Gambar: www.ydbp.ui.ac.id

Ya, ibadah puasa memang sedikit mengurangi asupan energi bagi tubuh. Karena selama siang hari Anda tidak makan atau minum sama sekali. Namun, bukan berarti selama puasa Anda tidak bisa tampil fresh bukan? Pada dasarnya asupan makanan saat sahur dan berbuka sudah sangat cukup untuk kebutuhan energi dalam menjalani aktivitas selama satu hari tersebut. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk merasa lemas, loyo dan tidak bersemangat selama menjalani ibadah puasa.

Nah, bagi Anda yang masih sering merasa lemas, loyo, ngantuk dan tidak bersemangat selama puasa berikut adalah beberapa tips agar tetap segar selama puasa.

Jangan Tinggalkan Makan Sahur

Makan sahur adalah salah satu sunnah puasa. Rasulullah Saw sangat menganjurkan pada ummat muslim yang berpuasa agar makan sahur. Sebagaimana yang disampaikan beliau dalam salah satu hadistnya:

“Makan sahurlah kalian, karena dalam makan sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari)

Menurut Dr. Bahar Azwar, dilihat dari kaca mata ilmiah paling tidak ada tiga keberkahan yang diperoleh dari makan sahur:

  1. Makan sahur memberikan asupan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas hingga waktu siang (dzuhur).
  2. Jika asupan energi yang diterima saat makan sahur tersebut habis, maka tubuh akan menggunakan cadangan energi yang dimiliki oleh tubuh.
  3. Secara keseluruhan, makan sahur akan memperkuat tubuh dalam melaksanakan ibadah puasa.

Karena itu, jangan pernah tinggalkan makan sahur. Agar kebutuhan energi dalam tubuh kita tetap terjaga dan tubuh tetap segar sepanjang hari.

Hindari Tidur Setelah Subuh

Tidur setelah subuh tidak sehat bagi tubuh. Apalagi jika sebelumnya Anda telah mengisi lambung dengan makanan. Proses pencernaan makanan yang diterima saat sahur akan terhambat dan tidak berlangsung dengan sempurna. Tubuh pun akan terasa lemas saat bangun dan Anda pun akan melas untuk memulai aktivitas. Tidur setelah subuh seringkali memperburuk mood dan menghilangkan semangat. Ditambah lagi dengan akibat lain yang ditimbulkan karena bangun kesiangan tersebut. Seperti terburu-buru dan kurang persiapan saat memulai aktivitas di pagi hari.

Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang yang ideal lebih kurang satu jam atau kurang. Tidur siang yang terlalu lama justru menyebabkan tubuh menjadi lemas. Oleh karena itu, jika rasa kantuk menyerang tidak masalah jika Anda tidur siang. Tapi ingat, jangan tidur terlalu lama.

Kurangi Aktivitas yang Terlalu Berat

Puasa seharusnya tidak menghalangi Anda untuk beraktivitas. Namun, sebaiknya hindari aktivitas yang terlalu berat. Karena saat berpuasa asupan cairan dalam tubuh Anda sangat terbatas. Aktivitas yang terlalu berat akan merangsang tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak Akibatnya, tubuh akan kekurangan cairan. Inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan keletihan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari aktivitas fisik yang terlalu berat yang berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Agar tubuh Anda tetap segar selama puasa.

Menjaga Niat dan Berpikiran Positif

Hal lain yang tak kalah pentingnya diingat saat puasa adalah menjaga niat dan berpikiran positif. Niat yang ikhlas karena Allah dan berpikir positif membuat Anda selalu bersemangat dan optimis. Sehingga ibadah puasa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Demikian sedikit tips agar tetap segar selama puasa. Semoga bermanfaat bagi Anda!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...