Kesehatan / Informasi / Tips Agar Bisa Berhenti Merokok

Tips Agar Bisa Berhenti Merokok

Tips agar bisa berhenti merokok – Belovers, berhenti merokok adalah pilihan terbaik untuk kehidupan yang lebih baik dan berkualitas. Tidak hanya bagi diri Anda, akan tetapi juga bagi keluarga dan orang-orang terdekat Anda. Karena bagaimana pun asap rokok yang setiap hari dihembuskan tidak hanya berdampak buruk bagi diri, akan tetapi juga orang-orang terkasih yang ada di sekitar Anda.

Sumber Gambar: www.tipskesehatan.web.id

Sumber Gambar: www.tipskesehatan.web.id

Memang, berhenti merokok bagi seorang pecandu bukanlah perkara yang mudah. Candu rokok telah menjerat fisik dan psikologis seorang pecandu untuk merokok lagi dan lagi. Namun demikian, jangan menyerah. Kesehatan itu mahal dan harus diperjuangkan. Sesulit apapun Anda harus tetap berikhtiar untuk bisa berhenti merokok.

Nah, belovers apakah Anda benar-benar ingin berhenti merokok? Dalam tulisan kali ini Blogekstra.com ingin berbagi tips agar bisa berhenti merokok, khusus bagi belovers yang bertekad kuat untuk terbebas dari jeratan candu rokok. Apa saja tipsnya? Yuk intip pembahasan berikut.

Miliki Motivasi dan Komitmen yang Kuat

Motivasi dan komitmen yang kuat adalah modal utama yang harus dimiliki. Tanpa motivasi dan komitmen yang kuat mustahil Anda bisa terbebas dari jeratan candu rokok. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menumbuhkan motivasi dan komitmen yang kuat? Untuk menumbuhkan motivasi dan komitmen yang kuat Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Temukan alasan kuat mengapa Anda harus berhenti merokok.
  • Kenali bahaya asap rokok bagi kesehatan diri, orang lain dan lingkungan.
  • Bayangkan penyakit-penyakit berbahaya akibat asap rokok menjangkiti tubuh orang-orang yang Anda cintai.

Minta Dukungan dari Keluarga

Dukungan dari keluarga tak kalah pentingnya. Karena itu, utarakanlah niat Anda untuk berhenti merokok pada keluarga. Mintalah dukungan moril dari mereka. Yakinlah, keluarga dan orang-orang terkasih akan memberi support atas keputusan Anda untuk berhenti merokok.

Jika Diperlukan Lakukan Terapi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari jeratan candu rokok. Jika candu rokok sudah terlalu kuat mengaikat Anda, cobalah untuk melakukan terapi khusus untuk terbebas dari candu rokok. Ada dua jenis terapi untuk menjauhkan Anda dari candu rokok. Yaitu, pertama terapi perilaku dan kedua terapi kelompok. Terapi perilaku bertujuan untuk melatih seorang pecandu agar terbiasa dengan kondisi tanpa merokok sekaligus memberikan rasa tidak menyenangkan saat merokok. Sementara terapi kelompok bertujuan untuk menciptakan dukungan sosial bagi Anda agar terbebas dari jeratan candu rokok.

Ok Belovers, demikian tips agar bisa berhenti merokok. Silahkan dicoba dan semoga berhasil!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. kalo bahaya asap ama penyakitnya gue mah udah paham, Sob! alesannya juga gak jauh2 dari penyakit2 itu, cuma apalagi ya yg bisa bikin gue bener2 stop?

    • Foto Profil dari Neti Suriana

      Hai sob, sebelumnya terimakasih telah berkunjung. Langkah pertama tentunya Anda perlu memiliki niat dan motivasi yg kuat untuk stop merokok. Klo hal ini sudah tertanam dlm diri Anda, insya Allah bisa segera berhenti merokok.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...