Kesehatan / Informasi / Tiga Penyakit Pasca Lebaran yang Perlu Diwaspadai

Tiga Penyakit Pasca Lebaran yang Perlu Diwaspadai

Penyakit Pasca Lebaran – Lebaran (Hari Raya Iedul Fitri) selain menghadirkan keceriaan ternyata juga berpotensi menghadirkan penyakit musiman. Penyakit musiman ini hadir berkaitan dengan pola makan dan keaktifan selama lebaran. Nah BE lover, dalam tulisan ini akan diulas 3 jenis penyakit yang umum menyerang pasca lebaran.

Penyakit Lama yang Berpotensi Kambuh

Saat lebaran lidah kita sering kali dimanjakan oleh aneka hidangan lezat yang menggugah selera. Sebut saja aneka hidangan pagi lebaran yang selalu disajikan di meja makan yang umumnya berkolesterol tinggi, seperti ketupat rendang, lontong sayur, opor ayam, dst. Demikian juga dengan aneka hidangan kue di toples yang tak kalah enaknya. Seperti kue nastar, kastengel, kue coklat, dan cake basah lainnya. Makanan-makana tersebut perlu diwaspadai karena berpotensi menyebabkan penyakit lama kambuh kembali.

Misalnya, orang yang sudah menderita kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi dan asam urat seringkali mengalami kekambuhan pasca lebaran. Penyakit ini umumnya kambuh karena penderita lalai mengkonsumsi obat dan kurang mengontrol menyantap makanan dan minuman lebaran. Ditambah lagi dengan kebiasaan makan diluar dan mengkonsumsi makanan instan.

Gangguan Pencernaan

Pola makan yang tidak terjaga selama lebaran juga berdampak buruk pada sistem pencernaan. Coba perhatikan bagaimana pola makan kita selama lebaran? Banyak makan makanan berlemak, makanan manis, minum soft drink, makanan instan kawa pengawet, kue-kue yang manis dan makanan yang tidak sehat lainnya. Pada saat yang sama terkadang kita lalai mengkonsumsi makanan berserat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Akibatnya, salah satu penyakit pasca lebaran yang banyak diderita oleh masyarakat adalah penyakit gangguan pencernaan. Seperti sembelit, mencret dan gangguang pencernaan lainnya.

Kelelahan

Tradisi lebaran di Indonesia selalu identik dengan mudik. Lebaran adalah momen yang dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk berkumpul dengan keluarganya. Pada waktu tersebut orang-orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Perjalanan mudik penuh perjuangan dan menghabiskan banyak energi. Sehingga penyakit pasca lebaran yang sering dialami oleh para pemudik adalah kelelahan.

Nah, inilah tiga jenis penyakit pasca lebaran yang perlu diwaspadai. Perhatikan pola makan, konsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup. Semoga indahnya lebaran tidak menyisakan penyakit.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...