Kesehatan / Ibu dan Anak / Ternyata Labu Siam Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Ternyata Labu Siam Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Kaum ibu tentu tidak asing lagi dengan labu siam bukan? Yaitu sayurah buah yang kaya manfaat dan murah harganya. Di Jawa Tengah dan Jogja, sayuran ini dikenal dengan sebutan jipang. Jika dipetik saat masih muda, sayuran buah ini enak dikonsumsi sebagai lalapan. Sementara yang sudah agak tua diolah menjadi aneka sayur segar seperti oseng-oseng, lodeh dan sayur asem. Tidak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi. Pucuk batang dan daun muda tanaman ini juga lazim dikonsumsi sebagai lalapan.

Sekalipun murah meriah, labu siam ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Sayuran buah ini sangat baik dikonsumsi,terutama untuk ibu hami dan menyusui. Karena terkenal memiliki kandungan asam folat yang cukup tinngi. Rata-rata setiap 100 gram berat buah labu siam mengandung 93 mg asam folat.

tumis-labu-siam-ebi (www.resepmasakann.info)Sumber Foto: www.resepmasakan.info

Asam folat merupakan senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh pada masa kehamilan. Mengingat, asam folat berperan penting dalam mengurangi resiko pertumbuhan tidak sempurna (cacat) pada bayi. Ibu hamil sebaiknya mendapatkan asupan asam folat dalam jumlah yang cukup. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil, beresiko tinggi menyebabkan gangguan pertumbuhan pada bayi, seperti: berat bayi rendah pada saat kelahiran dan gangguan pertumbuhan otak (neural tube defects).

Kebutuhan asam folat pada orang dewasa dalam kondisi normal adalah 400 mg setiap harinya. Kebutuhan tersebut meningkat dua kali lipat bagi ibu hamil. Artinya, kebutuhan asam folat untuk ibu hamil adalah sekitar 800 mg per hari.

Mungkin kita sering menemukan ibu hamil dengan gejala anemia (kurang darah). Ini perlu diwaspadai. Karena, gejala ini merupakan salah satu ciri kurangnya asupan asam folat bagi tubuh. Jika menemukan ciri-ciri ini, sebaiknya segera mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi. Salah satunya adalah labu siam ini.

Oleh karena itu, ibu hami hendaknya memperhatikan asupan asam folat untuk kebutuhan tubuh dan janinnya setiap hari. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi setiap hari, seperti labu siam ini.  Sehingga kebutuhan asam folat untuk diri dan pertumbuhan bayinya dapat terpenuhi.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

6 comments

  1. jipang to? yang banyak dedaknya itu hehe

  2. klo labu siam kecil itu kan ada juga mak,, tuh manfaatnya sama juga gak ama yg labu siam gede??

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...