Kesehatan / Lain-lain / Ternyata Daun Pandan Berkhasiat Menangkal Uban

Ternyata Daun Pandan Berkhasiat Menangkal Uban

Daun pandan berkhasiat menangkal uban – Apa yang terbayang di pikiran Anda ketika disebut daun pandan? Mungkin yang terlintas di pikiran Anda aromanya yang wangi. Atau aneka penganan yang berwarna hijau? Ya, daun pandan selalu identik dengan makanan. Karena, daun tanaman ini memang populer digunakan sebagai pewangi dan pewarna alami pada makanan.

Daun pandan memang memiliki aroma yang wangi. Karena, mengandung zat tannin yang menyebarkan aroma wangi dan menenangkan. Selain zat tannin, daun pandan juga mengandung glikosida dan alkaloid, yaitu dua senyawa yang diketahui berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Ada informasi menarik yang saya temukan di fan page Majalah Kartini. Di sana dikatakan bahwa daun pandan berkhasiat untuk menghitamkan rambut. Menurut artikel yang diposting pada fan page tersebut, selain berkhasiat mengobati berbagai penyakit senyawa glikosida dan alkaloid juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Itulah mengapa dikatakan pada judul artikel ini daun pandan berkhasiat menangkal uban.

Fakta menariknya lagi, ternyata daun pandan untuk menangkal uban sudah dikenal sejak zaman dahulu. Namun, ternyata banyak diantara kita yang tidak tau bukan? Gimana caranya daun pandan bisa menangkal hujan, eh uban maksudnya? Padahal yang sering kita dengar untuk menghitamkan rambut itu adalah daun urang-aring, bukan daun pandan.

Nah, saudara-saudara ternyata kita memang sudah banyak melupakan kearifan lokal yang diwariskan oleh para leluhur. Hampir saja kita kehilangan pengetahuan berharga ini. Yaitu, bahwa daun pandan bermanfaat untuk menangkal uban. Memang benar, saat ini kita bisa menemukan produk perawatan rambut siap pakai di toko-toko dan pasar swalayan. Tanpa perlu repot-repot membuat ramuan khusus untuk perawatan rambut. Namun, pengetahuan tentang tanaman pandan dan khasiatnya tetaplah penting diketahui. Apalagi bagi Anda yang menyukai produk-produk alami untuk perawatan tubuh Anda.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba merawat rambut dengan daun pandan, caranya sangatlah sederhana. Ambil beberapa lembar daun pandan segar, kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun pandan tersebut hingga layu, kemudian diamkan selama satu malam. Keesokan harinya, air rebusan daun pandan tersebut digunakan untuk keramas.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan perasan buah mengkudu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Nah, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Cobalah perawatan rambut alami warisan leluhur ini sekarang juga. Buktikan bahwa daun pandan berkhasiat menangkal uban.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...