Kesehatan / Herbal / Ternyata Biji Pepaya Bisa Mengobati Kolesterol

Ternyata Biji Pepaya Bisa Mengobati Kolesterol

Bagian buah pepaya yang umum dikonsumsi oleh manusia adalah daging buahnya. Setelah mengkonsumsi pepaya kita membuang biji dan kulitnya begitu saja. Memang biji dan kulit buah pepaya berasa pahit, tidak enak dikonsumsi. Namun demikian, biji pepaya yang pahit ini ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Salah satunya adalah biji pepaya bisa mengobati kolesterol.

gambar biji pepaya

gambar: intisari-online.com

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan pernah buang biji buah pepaya setelah menyantapnya. Terutama jika Anda menderita kolesterol dan gangguan pencernaan. Biji pepaya yang berwarna hitam ini bisa diolah menjadi obat herbal untuk mengatasi kolesterol dan gangguan pencernaan.

Cara memanfaatkan biji pepaya sangatlah mudah. Biji pepaya segar terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Setelah itu, biji dijemur selama 2-3 hari atau hingga kering. Biji pepaya yang sudah kering kemudian dihaluskan. Anda bisa menggunakan blender atau ditumbuk secara manual. Hasilnya adalah berupa serbuk biji pepaya. Simpan serbuk ini dalam wadah tertutup untuk beberapa kali pemakaian.

Untuk mengobati kolesterol, seduh satu sendok teh serbuk biji pepaya dengan setengah gelas air hangat. Kemudian aduk hingga rata dan diminumkan pada penderita. Jika terasa pahit di lidah, tampahkan sedikit madu pada ramuan tersebut. Minum ramuan serbuk biji pepaya ini sebanyak tiga kali sehari. Ramuan yang sama juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan.

Nah, sangat mudah sekali bukan? Mungkin selama ini kita sering mengabaikan hal-hal berharga dalam hidup kita. Seperti biji pepaya ini. Selama ini kita sering menganggap biji pepaya itu hanya sampah yang harus disingkirkan. Biji pepaya sering kita buang begitu saja. Atau paling bagus mungkin kita semai untuk mendapatkan bijinya yang baru. Tidak pernah terpikirkan bahwa biji pepaya bisa mengobati kolesterol.

Karenanya, yuk belajar lebih dekat dengan alam. Temukan sebanyak mungkin inspirasi dan manfaat dari alam kita. Jika biji pepaya bisa mengobati kolesterol, tidak menutup kemungkinan bagian terkecil dari tanaman lain juga memiliki manfaat berharga bagi kita. Yuk, belajar lebih dekat dan cermat dengan tanaman obat. Sebagai referensi silahkan baca  buku Ensiklopedia Tanaman Obat terbitan Rumah Ide.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

5 comments

  1. baru tau biji pepaya bisa buat obat kolestrol,thx udh share…:)

  2. apakah sdh ada penelitian dan bukti empiris dari biji pepaya ini utk menurunkan kolesterol

    • Neti Suriana

      sdh ada dan byk bahkan hasil penelitian yg menunjukkan bahwa biji pepaya mengandung zat antikolestel. salah satunya adalah kandungan saponin dalam ekstrak biji pepaya yang dapat menurunkan kadar kolesterol melalui aktivitas penghambatan reaksi oksidasi LDL.

  3. Terima kasih info nya baru tahu,, kira-kira setalah berapa lama minum biji pepaya kolesterol bisa turun yah.. thk

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...