Kesehatan / Kanker / Temu Putih untuk Mengatasi Kanker Usus

Temu Putih untuk Mengatasi Kanker Usus

Benarkah temu putih bisa mengatasi kanker usus? Mendengar kata ‘kanker’ seringkali membuat kita bergidik ngeri. Mengingat, kanker termasuk jenis penyakit yang sulit disembuhkan. Tidak jarang, jika sudah sampai pada stadium lanjut, para dokter pun angkat tangan. Hingga saat ini, kanke masih menjadi salah satu jenis penyakit yang mematikan. Namun, sebagai orang yang beragama kita tidak boleh berputus asa. Kita harus yakin bahwa ketika Allah menurunkan penyakit, maka Dia pasti juga sudah menurunkan obatnya. Tugas kita sebagai manusia adalah terus berikhtiar untuk mencari dan mencoba pengobatan yang tepat. Tidak lupa diiringi dengan doa dan tawakal pada Allah swt.

Ikhtiar untuk mendapatkan kesembuhan bisa ditempuh dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan kembali pada kearifan lokal. Yakni dengan memanfaatkan khasiat tanaman obat yang banyak tersedia di alam.

Temu Putih - Curcuma zedoariaAdalah temu putih salah satu jenis tanaman obat yang dipercaya berkhasiat untuk mengatasi penyakit kanker usus. Rimpang tanaman dari kelompok temu-temuan ini diketahui memiliki efek mematikan sel kanker. Seperti apa tanaman temu putih itu? Bagaimana memanfaatkannya untuk mengatasi penyakit kanker usus? Berikut dalam tulisan ini Blogekstra.com akan berbagi informasi seputar temu putih dan khasiatnya untuk mengatasi kanker usus.

 

Temu Putih (Curcuma zedoaria)

Tanaman obat dari kelompok temu temuan banyak jenisnya. Temu putih merupakan salah satu diantaranya. Temu putih memiliki nama ilmiah Curcuma zedoaria. Dalam sistem klasifikasi tanaman, temu putih dikelompokkan dalam divisi Spermatophyta, sub divisi Angiospermae, kelas Monocotyledone, bangsa Singiberalis dan suku Zingiberaceae. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adala

Temu putih sudah sudah sejak lama dikenal sebagai rempah-rempahan yang berkhasiat obat. Dalam pengobatan tradisonal Tiongkok, temu putih dipercaya memiliki efek mematikan sel kanker.  Sehingga, rimpang tanaman ini banyak dicari untuk mengobati penyakit kanker.  Tidak hanya itu, zat pahit yang terdapat dalam rimpang temu putih juga dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sakit perut dan lambung.

Temu Putih untuk Mengatasi Kanker Usus

Efek mematikan kanker yang dihasilkan oleh rimpang temu putih, memberi harapan baru bagi penderita kanker untuk menyembuhkan penyakitnya dengan herbal satu ini. Bukan hal yang baru lagi bahwa pengobatan tradisional merupakan alternatif pengobatan yang murah dan aman. Memang efek kesembuhan yang diberikannya relatif berjalan lambat. Namun, jika kita telaten insya Allah, efek kesembuhan yang dihasilkannya jauh lebih baik.

Pengobatan Kanker Usus

Nah, jika ada anggota keluarga Anda yang menderita penyakit kanker, khususnya kanker usus cobalah untuk melirik kearifan lokal satu ini. Mari kita manfaatkan keajaiban temu putih untuk mengatasi sakit kanker yang dideritanya. Mudah-mudahan dengan herbal satu ini penyakit kanker usus yang diderita bisa diatasi.

Mengatasi kanker usus dengan temu putih tentunya tidak asal mengkonsumsi rimpang temu putih saja. Rimpang temu putih perlu diolah terlebih dahulu menjadi ramuan herbal khusus untuk mengobati kanker usus. Bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir, Anda pasti bisa membuat ramuannya sendiri di rumah. Berikut adalah resep ramuan herbal untuk mengatasi kanker usus yang diberikan oleh R. Broto Sudibyo, BSc dari Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T), Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta:

Pertama kali sediakan bahan-bahan berupa:

  • 2 buah rimpang temu putih sebesar telur itik.
  • 1 buah rimpang kunir putih sebesar telur ayam kampung

Kedua bahan dikupas dan dicuci bersih dengan air mengalir. Semua bahan yang sudah bersih diiris tipis-tipis hingga habis. Rebus bahan dengan 4 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Masing-masing ¾ gelas sekali minum.

Demikian informasi tentang temu putih yang berkhasiat untuk mengatasi kanker usus. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...