Kesehatan / Herbal / Sirsak, Si Manis yang Anti Kanker

Sirsak, Si Manis yang Anti Kanker

Sirsak di kenal juga dengan nama durian Belanda. Mungkin karena memiliki duri seperti buah durian. Tapi duri pada sirsak tidaklah berbahaya sebagaimana pada buah durian. Durinya lebih lemas, hanya sebagai hiasan saja. Memiliki daging buah berwarna putih. Jika dicicipi daging buahnya terasa manis dan kaya akan air. Sehingga buah ini banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat. Meskipun sebagian ada juga yang tidak menyukai karena aroma kulitnya yang kurang enak.

Manfaat-Daun-Dan-Buah-Sirsak-Untuk-KesehatanSeiring waktu popularitas buah dan tanaman sirsak terus meningkat. Seiring dengan semakin banyaknya terungkap manfaat dan khasiat tanaman ini bagi kesehatan. Terutama khasiatnya yang sangat fenomenal untuk mengatasi penyakit kanker. Yakni salah satu jenis penyakit degeneratif penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu khasiat sirsak diketahui adalah mampu menyerang sel-sel kanker dengan aman dan efektif secara alami.

Sebenarnya, manfaat tanaman sirsak bagi dunia pengobatan sudah dikenal sejak lama. Jauh sebelum dilakukan berbagai penelitian medis tersebut, masyarakat suku Indian yang hidup di hutan Amazon sudah memanfaatkan buah, daun, kulit kayu, biji dan akar tanaman sirsak sebagai obat selama berabad-abad. Masyarakat suku Indoan meyakini bahwa sirsak mampu menyembuhkan sakit jantung, asma, liver dan rematik.

Berdasarkan kearifan lokal masyarakat suku Indian inilah kemudian menggerakkan para peneliti untuk melakukan penelitian intensif pada tanaman ini. Dari berbagai penelitian tersebut kemudian diperoleh beberapa fakta yang cukup menggembirakan bagi dunia medis, diantaranya yaitu:

  • Uji coba yang dilakukan oleh 20 laboratorium independen di bawah pengawasan The National Cancer Institute menyebutkan bahwa sirsak terbukti mampu membunuh sel kanker dengan daya kerja yang luar biasa.
  • Sirsak memiliki daya kerja 10.000 kali lebi kuat dalam membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamicyn dan terapi kemo yang umum digunakan untuk menangani pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia.
  • Senyawa aktif pada sirsak mampu menyerang sel kanker dengan aman dan efektif. Selain itu sirsak juga tidak menimbulkan efek samping yang umum ditemukan pada pengobatan dan terapi kanker seperti rasa mual, berat badan turub, rambut rontok dan lain sebagainya.
  • Memiliki efek positif meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh dari infeksi.
  • Selektif dalam membunuh sel-sel jahat yang menyebabkan kanker, namun di sisi lain ia tidak membahayakan sel-sel sehat yang ada di sekitarnya.
  • Hasil penelitian dari Purdue University juga membuktikan bahwa daun sirsak sangat efektif membunuh sel-sel kanker, khususnya sel kanker prostat, pankreas, dan paru-paru.

Nah, demikianlah beberapa fakta menggembirakan tentang manfaat sirsak bagi dunia kesehatan. Dan pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakannya. Untuk upaya pencegahan serangan kanker, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sirsak segar. Baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk jus segar. Sementara untuk tujuan penyembuhan bisa dilakukan dengan meminum ramuan daun sirsak. Adapun cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut: rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan tiga gelas air hingga air rebusannya tinggal satu gelas. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut setiap hari dua kali, pagi dan sore.

Namun perlu diingat, sebagaimana obat herbal lainnya ramuan ini tidak bekerja instan. Proses penyembuhan memerlukan waktu. Minimal tiga sampai empat minggu setelah mengkonsumsi ramuan ini secara rutin, pasien baru merasakan manfaat penyembuhannya.

Demikian, semoga informasi seputar sirsak, tanaman obat yang berkhasiat sebagai anti kanker. Semoga bermanfaat!

Referensi Materi:

1. Al-Isfari, A. M. 2012. Hidup Sehat dengan Terapi Herbal. As-Salam Publishing. Solo.

Referensi Gambar:

1. http://www.idzsn.com/wp-content/uploads/2015/01/Manfaat-Daun-Dan-Buah-Sirsak-Untuk-Kesehatan.jpg

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...