Kesehatan / Lain-lain / Sering Melakukan Perjalanan Jauh dengan Sepeda Motor? Ketahui Resiko Gangguan Kesehatan yang Ditimbulkannya!

Sering Melakukan Perjalanan Jauh dengan Sepeda Motor? Ketahui Resiko Gangguan Kesehatan yang Ditimbulkannya!

Gangguan Kesehatan – Menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor merupakan suatu hal yang umum di temui di Indonesia. Meski resiko kecelakaannya sangat besar, sepeda motor tetap menjadi pilihan pavorit untuk perjalanan jauh di negeri ini. Banyak faktor pemicu mengapa sepeda motor menjadi alat transportasi favorit di Indonesia. Salah satunya adalah karena kendaraan ini paling lincah dan mudah dibawa untuk menerobos kemacetan dan medan yang sempit dan sulit. Sepertinya, untuk kondisi transportasi umum yang belum prima, sepertinya sepeda motor akan masih lama menjadi pilihan alat transportasi favorit di negara ini.

100_6052Seperti mereka yang hidup di daerah. Jarak antara desa dan kota kecamatan tidaklah dekat. Sementara angkutan umum seringkali tidak bisa diandalkan. Sehingga mau tidak mau, sepeda motor selalu menjadi alternatif. Hampir setiap rumah tangga, memiliki sepeda motor sebagai sarana transportasi. Sehingga menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Terutama bagi mereka yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari tempat kerja, sekolah atau aktivitas lainnya.

Resiko Gangguan Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Selain tingginya resiko kecelakaan yang mengintai, menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor juga beresiko menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan. Terutama bagi mereka yang rutin melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Mengingat, saat melakukan perjalanan dengan sepeda motor, anggota tubuh kita tidak mendapatkan perlindungan maksimal. Bahkan mungkin perlindungan yang diberikan sangat minimalis.

Baik, sebagai bahan informasi dan pengingat bagi mereka yang masih setia menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor, berikut adalah beberapa resiko gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai:

  1. Kelelahan

Ini sudah pasti. Perjalanan jauh yang ditempuh dengan sepeda motor pastinya akan menyebabkan Anda kelelahan. Sekalipun Anda hanya duduk di atas kendaraan bermotor tersebut. Sebab, selama perjalanan tubuh Anda harus berjuang menantang angin dan menjaga keseimbangan di atas motor. Perjuangan tubuh menantang angin dan menjaga keseimbangan ini membutuhkan energi yang tidak sedikit. Inilah beberapa faktor yang menyebabkan kita merasa kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor. Selain itu, duduk terlalu lama juga cenderung menimbulkan kelelahan, karena otot-otot menjadi kaku dan kurang gerak.

  1. Masuk angin

Ini adalah gangguan kesehatan yang paling umum dialami oleh mereka yang sering menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor. Sebab, tubuh kurang mendapat perlindungan maksimal dari faktor lingkungan yang tidak bersahabat. Sepanjang perjalanan tubuh juga harus menantang angin. Belum lagi daya tahan tubuh juga cenderung menurun, karena kele;ahan. Sehingga tubuh sangat rentan mengalami masuk angin.

  1. Sakit pinggang

Duduk terlalu lama saat mengendarai sepeda motor juga beresiko menyebabkan sakit pinggang. Sebab, sendi-sendi di area paha dan bokong menjadi kaku karena kurang gerak.

  1. Mengantuk dan Pusing

Pada sebagian orang, perjalanan jauh dengan sepeda motor juga beresiko mengantuk dan pusing. Namun, gangguan seperti ini kurang lazim. Biasanya hanya dialami oleh orang-orang tertentu saja.

  1. Gangguan pada saluran pernapasan

Kualitas udara yang dilalui sepanjang perjalanan umumnya tidak bersih. Terutama bagi mereka yang menempuh perjalanan di daerah perkotaan yang padat. Gangguan pada saluran pernapasan seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) sangat rentan terjadi.

Tips Meminimalisir Resiko Gangguan Kesehatan

Meski resiko kecelakaan dan gangguan kesehatan mengancam, namun meninggalkan sepeda motor belum bisa menjadi pilihan bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Mengingat, itulah sarana transportasi alternatif yang bisa menjawab kebutuhan mereka saat ini. Oleh karena itu, adapun solusi yang bisa dilakukan saat ini adalah melakukan upaya meminimalisir resiko gangguan kesehatan. Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko gangguan kesehatan selama menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor adalah:

  1. Menggunakan perlengkapan sefty selama berkendaraan, seperti jaket, helm, masker, kaus tangan, sepatu, dan lain-lainnya.
  2. Sempatkan berhenti sejenak untuk beristirahat dan meluruskan pinggang di tengah perjalanan.
  3. Gunakan masker untuk melindungi sistem pernafasan.
  4. Konsumsi makanan bergizi untuk memberikan asupan gizi yang cukup bagi tubuh. Sehingga daya tahan tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit meski menempuh perjalanan jauh dan berat dengan sepeda motor.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...