Kesehatan / Informasi / Puasa Membuat Awet Muda?

Puasa Membuat Awet Muda?

Menurut Anda apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Menurut pendapat saya. Penemuan terbesar dalam abad ini adalah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental dan spritual, melalui puasa yang rasional.” (Dr. Yuri Nikolayev – Rusia)

sumber gambar: www.republika.co.id

sumber gambar: www.republika.co.id

Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik, menawan dan awet muda? Banyak cara yang dilakukan oleh manusia untuk tampil cantik dan awet muda. Tidak jarang diantara mereka yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya dengan operasi plastik, operasi kulit, menggunakan berbagai krim kulit untuk meremajakan sel-sel kulit dan lain sebagainya.

Tidak sedikit diantara pemburu kecantikan tersebut adalah ummat muslim. Padahal agama sudah mengajarkan sebuah terapi cantik yang murah dan mudah. Suatu hal yang dilupakan oleh ummat muslim adalah bahwa ibadah puasa merupakan salah satu cara aman dan tepat untuk menjaga kecantikan dan tampil awet muda.

Surtiningsih salah seorang pengamat kesehatan di Indonesia mengatakan bahwa ibadah puasa bermanfaat untuk menyegarkan, menyehatkan dan melembutkan kulit. Sehingga kulit tampak lebih berseri dan awet muda. Jika dipahami dari sisi ilmu kesehatan, beberapa poin berikut merupakan bukti yang menguatkan bahwa puasa membuat pelakunya tampil awet muda.

Pertama: Pada saat puasa, kerja organ-organ penting tubuh lebih ringan bahkan istirahat total. Kondisi ini memberi kesempatan pada milyaran sel tubuh untuk menghimpun energi untuk bertahan hidup.

Kedua: pada saat puasa proses detoksifikasi alami tubuh berlangsung maksimal. Detoksifikasi adalah proses pengeluaran kotoran atau racun dari dalam tubuh.

Ketika: saat puasa juga terjadi proses peremajaaan sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh yang sudah rusak diganti dengan sel-sel baru yang lebih sehat.

Keempat: secara alami tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menterapi dirinya. Puasa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan terapi alamiah. Karena pada saat puasa terjadi proses perbaikan fungsi hormon tubuh, kulit lebih sehat dan peningkatan daya tahan tubuh.

Kelima:selama puasa, proses metabolisme energi dalam tubuh tetap berlangsung. Dalam proses tersebut energi yang terkandung dalam zat gizi yang diterima dari asupan makanan diubah menjadi energi potensial dalam tubuh. Sementara sisanya akan disimpan sebagai cadangan energi dalam  sel-sel ginjal, kulit dan pelupuk mata dalam bentuk lemak dan glikogen.

Dari uraian di atas bisa dipahami bahwa puasa membuat awet muda itu sangat mungkin. Tidak percaya? Silahkan dibuktikan!

Referensi:

Azwar, B. 2005. Fiqh Kesehatan. Jakarta: Qultum Media

Hamdi, A. tt. Berkah dan Keajaiban Ibadah Puasa, Rahasia Islam untuk Menggapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat. Jakarta: Penerbit Sandro Jaya.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...