Kesehatan / Pola Hidup / Pola Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Pola Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

grandhealtfitness.blogspot.com

grandhealtfitness.blogspot.com

Tingginya kadar kolesterol darah sangat erat kaitannya dengan pola hidup yang tidak sehat. Seperti rutin mengkonsumsi junk food, makanan instan, gorengan, kurang konsumsi makanan berserat, merokok, dan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat lainnya. Inilah alasannya mengapa para dokter biasanya menyarankan kita untuk mengubah pola hidup. Meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan dan membudayakan kebiasaan baik yang menunjang kesehatan.

Nah, Anda tentu ingin tahu seperti apa sih pola hidup sehat untuk menurunkan kolesterol? Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang perlu dibudayakan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah  sebagaimana yang diarahkan oleh National Heart, Lung and Blood Institute Amerika Serikat dalam program kampanye peduli kolesterol (National Cholesterol Education Programme), yaitu:

Mengurangi Asupan Lemak Jenuh

Asupan lemak jenuh diperoleh oleh tubuh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Oleh karena itu, mulai sekarang yuk perhatikan dan kontrol apa saja yang dikonsumsi. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang berminyak, berlemak dan berkolesterol tinggi. Beberapa jenis makanan dan minuman yang masuk dalam kategori ini diantaranya, yaitu:

–          Jeroan

–          Kepiting

–          Udang

–          Kerang

–          Makanan bersantan

–          Daging

–          Gorengan

–          Minyak

–          Margarin

–          Coklat

–          Gula

Mengkonsumsi Makanan Berserat

Serat dalam tubuh berfungsi mengikat kolesterol jahat dalam darah. Sehingga kolesterol tidak menumpuk dalam pembuluh darah. Makanan berserat dapat diperoleh dari buah dan sayur. Oleh karena itu, mulai sekarang yuk jangan anti dengan buah dan sayur. Selain kaya akan serat, buah dan sayur biasanya juga kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan kolesterol dalam darah.

Buah dan sayur bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah dan bisa juga diolah terlebih dahulu. Jika dikonsumsi dalam kondisi segar (mentah) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Buah dan sayur dicuci terlebih dahulu dengan air bersih.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan buah dan sayur dari kuman penyebab penyakit dan zat-zat kimia berbahaya dari residu pestisida. Selain menggunakan air bersih, proses mencuci buah dan sayur sebaiknya juga dilakukan dengan air mengalir. Agar kotoran yang tercuci tidak kembali menempel pada sayur dan buah. Gunakan sabun pencuci buah untuk memastikan buah yang dicuci terbebas dari residu pestisida.

  1. Buah langsung dikonsumsi setelah dikupas.

Buah diketahui kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan ini sangat mudah teroksidasi di udara terbuka. Oleh karena itu, buah yang sudah dikupas biasanya akan cepat teroksidasi. Akibatnya, manfaat antioksidannya akan hilang dari buah tersebut.

  1. Jika dibuat jus, minum jus dengan ampasnya.

Jus merupakan salah satu cara mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk segar. Jus adalah solusi tepat untuk mengkonsumsi buah dan sayur segar bagi mereka yang kurang suka dengan buah dan sayur segar. Anda bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit atau bau langu pada beberapa jenis buah dan sayur.

Nah, jika buah dan sayur dibuat jus sebaiknya dikonsumsi dengan ampas-ampasnya. Karena biasanya serat pada buah dan sayur banyak terdapat pada ampas jus tersebut.

Menjaga Berat Badan Normal

Orang-orang yang memiliki berat badan berlebih biasa jauh lebih beresiko menderita kolesterol tinggi. Karena, orang yang memiliki berat badan berlebih –khususnya wanita—biasanya kadar trigliserida (sejenis lemak) dalam darahnya cenderung lebih tinggi, sebaliknya kadar kolesterol baik (HDL) darah cenderung lebih rendah. Hal ini tentu saja akan berpengaruh dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu:

–          Menurunkan resiko serangan jantung

–          Menurunkan tekanan darah

–          Menurunkan kadar kolesterol total

–          Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah

–          Membantu membuang kolesterol jahat (LDL) dari pembuluh arteri.

Jadi, bagi Anda yang rutinitas sehari-harinya kurang gerak, sebaiknya luangkan waktu untuk berolah raga secara rutin. Olah raga adalah alternatif tepat untuk meningkatkan aktivitas fisik. Namun, jika rutinitas sehari-hari Anda memang membutuhkan gerak fisik, maka kegiatan olahraga menjadi tidak begitu perlu. Karena aktivitas fisik saat melakukan rutinitas sehari-hari sudah cukup untuk membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh,

Menghentikan Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan

Terkadang tanpa disadari manusia justru menggadaikan kesehatannya dengan kesenangan dunia yang bersifat sementara. Beberapa kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan antara lain:

–          Merokok

–          Mengkonsumsi minuman beralkohol

–          Kurang tidur atau begadang.

Mengkonsumsi Makanan yang Menjadi Sumber Asupan Fitosterol Bagi Tubuh

Fitosterul istilah lainnya adalah sterol tumbuhan. Senyawa ini memiliki struktur kimia yang mirip dengan kolesterol dan secara alami hanya dihasilkan oleh tumbuhan. Menariknya, fitosterol ini dalam tubuh manusia dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dalam usus. Sehingga, secara otomatis kadar kolesterol yang masuk dalam aliran darah dapat berkurang.

Selanjutnya, dari mana kita bisa mendapatkan asupan fitosterol? Asupan kolesterol dalam tubuh dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang-kacangan. Karena itu, perbanyak konsumsi makanan yang menjadi sumber asupan fitosterol bagi tubuh. Sumber fitosterol yang paling mudah diperoleh adalah buah dan sayur. Jadi, pastikan buah dan sayur menjadi menu keseharian kita.

Demikian pola hidup sehat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

One comment

  1. salam berbagi info salam sukses goo.gl/Rmeey3

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...