Kesehatan / Informasi / Perlukah Mengkonsumsi Vitamin E?

Perlukah Mengkonsumsi Vitamin E?

Banyak cara yang dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan kulit yang mulus. Mulai dari menggunakan produk-produk perawatan kulit hingga mengkonsumsi berbagai obat dan suplemen yang dipercaya bermanfaat untuk kulit. Salah satu diantaranya adalah kapsul vitamin E yang menawarkan manfaat positif untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sehingga wajar jika banyak wanita yang kemudian mengkonsumsi kapsul vitamin E ini secara rutin. Dengan harapan bisa mendapatkan kulit idaman.

Gambar: www.mediskus.com

Gambar: www.mediskus.com

Pertanyaannya, perlukah mengkonsumsi kapsul vitamin E setiap hari?

Kapsul vitamin E adalah suplemen vitamin E instan yang dikemas dalam bentuk kapsul. Sebelum mengkonsumsi ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal bagaimana sifat vitamin E tersebut dalam tubuh. Adakah efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan? Sebagaimana kita tau, penyerapan tubuh terhadap suplemen instan tidaklah sebaik suplemen alami yang diperoleh dari asupan makanan secara alami.

Berdasarkan sifatnya, vitamin E merupakan jenis vitamin yang tidak larut dalam air. Akan tetapi vitamin E larut dalam lemak. Oleh karena itu, jika asupannya dalam tubuh berlebih, vitamin E akan sulit dibuang dari tubuh. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penumpukan vitamin E dalam jaringan tubuh.

Segala sesuatu yang berlebih selalu menimbulkan efek yang tidak baik. Demikian juga jika tubuh kelebihan vitamin E. Kelebihan vitamin E dalam tubuh, bisa menimbulkan berbagai efek samping yang negatif. Seperti kulit kering hingga jerawatan.

Selain itu, bagi kita yang muslim juga perlu berhati-hati sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi kapsul vitamin E. Mengapa demikian? Kapsul vitamin E biasanya dikemas dalam bentuk selongsong kapsul yang soft (lembut). Selongsong kapsul yang seperti ini umumnya terbuat dari gelatin yang berasal dari tulang rawan hewan. Nah, di sinilah letak kerawanannya. Kita perlu memastikan bahwa tulang rawan hewan yang digunakan adalah hewan yang dihalalkan secara syariah. Untuk amannya, pastikan produk kapsul vitamin E yang dikonsumsi sudah mendapat sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang.

Namun demikian, sebagai wanita Indonesia yang hidup di negeri yang subur ini sebaiknya janganlah terlalu bergantung pada vitamin E instan tersebut. Bukankah alam kita sudah menyediakan begitu banyak sumber bahan makanan alami yang kaya akan vitamin E? Perbanyaklah mengkonsumsi vitamin E alami dari buah dan sayur. Sering-sering berjemur di bawah sinar matahari pagi dan hindari polusi. Insya Allah kulit sehat alami akan kita dapatkan tanpa perlu menngkonsumsi kapsul vitamin E.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...