Kesehatan / Kecantikan / Penyebab Telapak Tangan Kasar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Telapak Tangan Kasar dan Cara Mengatasinya

Punya masalah dengan telapak tangan kasar? Telapak tangan kasar merupakan masalah kulit yang sering ditemui. Bagi sebagian orang mungkin hal ini bukan masalah yang serius. Namun bagi sebagian yang lain hal ini adalah yang cukup serius. Terutama bagi kaum hawa. Telapak tangan kasar bisa membuat mereka merasa tidak nyaman sekaligus tidak percaya diri saat bersalaman dengan orang lain. Bagaimanapun telapak tangan yang halus dan lembut tentunya menjadi idaman setiap wanita.

Penyebab

Sebelumnya Anda tentu ingin mengetahui apa sebenarnya penyebab telapak tangan kasar? Telapak tangan kasar secara umum disebabkan oleh beberapa hal berikut, yaitu:

  • Alergi deterjen

Sebagaimana kita ketahui, deterjen mengandung zat-zat kimia yang bisa menimbulkan alergi pada kulit. Memang alergi tidak terjadi pada semua orang. Karena, tingkat sensitifitas kulit setiap orang berbeda-beda. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya menghindari kontak langsung dengan deterjen untuk menghindari dampak negatif dari alergi deterjen ini.

  • Sering memegang benda keras

Terlalu sering memegang benda keras juga bisa menyebabkan tangan kasar. Biasanya terjadi pada mereka yang terbiasa bekerja keras yang mengharuskan tangan mereka memegang benda keras secara terus menerus. Misalnya pada pekerja kasar yang selalu mengangkat beban, petani yang selalu memegang peralatan tani, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

  • Kurang minum air

Kekurangan cairan menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput, termasuk kulit tangan. Kulit kering umumnya cenderung kasar dan keriput. Jadi, jangan pernah biarkan tubuh kekurangan cairan. Usahakan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Cara Mengatasi

Sumber Gambar: ummi-online.com

Sumber Gambar: ummi-online.com

Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana jika telapak tangan Anda sudah terlanjur kasar. Tidak perlu khawatir, permasalahan ini bisa diatasi dengan cara yang sangat sederhana. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah untuk mengatasi problem satu ini. Bagaimana caranya? Yuk simak tips sederhana berikut!

  • Minyak Kelapa

Anda punya minyak kelapa? Minyak kelapa ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan telapak tangan kasar yang Anda alami. Caranya gampang sekali. Ambil minyak kelapa secukupnya , kemudian oleskan dan ratakan pada seluruh permukaan telapak tangan. Diamkan sepanjang malam dan bersihkan.

  • Minyak Zaitun

Jika tidak memiliki minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun. Caranya sama dengan minyak kelapa. Oleskan minyak zaitun secara merata pada seluruh permukaan kedua telapak tangan. Diamkan sepanjang malan dan bersihkan pada keesokan harinya.

  • Hand Lotion dan Bedak Tabur

Anda juga bisa menggunakan hand lotion dan bedak tabur untuk melembutkan telapak tangan Anda. Taburkan bedak ke permukaan telapak tangan dan ratakan. Selanjutnya, tuangkan hand lotion di atasnya dan usapkan pada seluruh permukaan tangan yang sudah ditaburi dengan bedak tabur. Diamkan sepanjang malam kemudian bersihkan.

  • Susu Cair

Nah, bahan lainnya yang dipercaya efektif untuk menembalikan kelembutan telapak tangan kasar adalah susu cair. Sebagaimana kita ketahui, susu cair berfungsi sebagai pelembab alami kulit. Untuk mengatasi telapak tangan kasar, kedua telapak tangan direndam dalam susu cair yang hangat-hangat kuku selama lebih kurang 15 menit.

Nah Belovers, demikian informasi ringkas tentang penyebab telapak tangan kasar dan cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. Foto Profil dari Abdul Cholik

    Alhamdulillah tangan saya halus banget
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...