Kesehatan / Mulut & Gigi / Penyebab dan Tips Mencegah Sakit Gigi

Penyebab dan Tips Mencegah Sakit Gigi

Penyebab dan Tips Mencegah Sakit Gigi – Semua orang pasti sepakat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Namun, pada prakteknya kita sering abai dengan upaya-upaya pencegahan ini. Contoh nyatanya adalah gigi. Anda pernah merasakan sakit gigi? Saya pernah, dan rasanya sungguh tak nyaman. Hal inilah yang membuat saya menyesal mengapa dari dulu tidak bersungguh-sungguh untuk merawat gigi.

Saya masih ingat bahwa pertama kali merasakan sakit gigi adalah masa-masa duduk di bangku kuliah. Sebelumnya, gigi saya aman-aman saja. Tidak pernah bermasalah padahal saya termasuk orang yang tidak disiplin merawat gigi. Menggosok gigi hanya sewaktu mandi saja, selebihnya saya tidak pernah gosok gigi termasuk sebelum tidur. Padahal, menurut anjuran kesehatan menggosok gigi sebelum tidur adalah penting, untuk membuang sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Mungkin, inilah dampak dari kebiasaan abai terhadap kebersihan dan kesehatan gigi. Kurang bersyukur terhadap nikmat sehat yang dikaruniakan oleh Allah. Akibatnya, rasa sakit dan kehilangan sedikit demi sedikit keindahan gigi. Rupanya Allah ingin mengingatkan saya agar lebih bersungguh-sungguh menjaga kesehatan organ tubuh secara keseluruhan.

Artikel ini saya tulis secara khusus ketika sedang  menahan sakit gigi yang lagi kambuh. Sebagai salah satu upaya kecil saya untuk mengingatkan para sahabat agar tidak mengalami rasa sakit yang sama. Berdasarkan pengalaman, nasehat dan berbagai informasi yang saya peroleh, akhirnya saya beranikan untuk berbagi sedikit ilmu tentang penyebab dan tips mencegah sakit gigi ini.

Penyebab Sakit Gigi

Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Gigi yang sudah rusak dan berlobang, mungkin tidak akan pernah kembali sempurna seperti semula. Namun, kita mengambil pelajaran dari peristiwa ini. Baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Pengalaman sakit gigi mengajarkan bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi faktor penyebab utama sakit gigi, yaitu:

–          Tidak disiplin membersihkan gigi

Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan kuman penyebab penyakit. Jadi, ketika kita tidak disiplin membersihkannya, maka kuman-kuman itu akan berkembang biak. Aktivitas kuman inilah yang berpotensi menyebabkan gigi menjadi rusak dan berlubang.

–          Mengkonsumsi makanan/minuman bersuhu ekstrim

Makanan dan minuman yang bersuhu ekstrim (panas/dingin) menimbulkan kejutan pada gigi. Akibatnya, gigi menjadi rapuh dan mudah rusak. Karena itu, sedapat mungkin hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersuhu ekstrim.

–          Mengkonsumsi makanan manis

Makanan manis mengandung gula yang akan lengket dan menempel pada gigi. Ini merupakan salah satu penyebab utama kerusakan gigi jika tidak segera dibersihkan.

Tips Mencegah Sakit Gigi

Bagi Anda yang belum pernah sakit gigi, ingat kembali pepatah bijak yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Karena memang demikianlah adanya. Sebagai panduan, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah sakit gigi:

–          Rajin membersihkan gigi

Bersihkan gigi secara rutin terutama sebelum tidur. Idealnya setiap selesai makan terutama makan makanan yang manis sangat dianjurkan untuk membersihkan gigi. Sehingga, sisa-sisa makanan tidak menumpuk di sela-sela gigi.

–          Hindari mengkonsumsi makanan/minuman bersuhu ekstrim

Makanan dan minuman bersuhu ekstrim di sini maksudnya adalah makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin. Seperti es, makanan yang masih panas dan sejenisnya. Sebaiknya tunggu hingga makanan dan minuman tersebut mencdekati suhu ruang, baru kemudian siap untuk dikonsumsi.

–          Bersihkan gigi setelah mengkonsumsi makanan manis

Misalnya setelah mengkonsumsi coklat, permen, cake dan sejenisnya segera bersihkan gigi. Agar zat gula yang menempel pada gigi tidak menimbulkan flak dan kerusakan pada gigi.

–          Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah bermanfaat untuk membersihkan gigi. Buah dan sayur juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan gigi.

–          Periksa gigi secara teratur

Terkadang kerusakan pada gigi tidak bisa langsung terdeteksi. Mungkin sekilas, gigi Anda terlihat sehat dan bersih. Namun, bisa jadi ketika diperiksa ternyata ada beberapa bagian email gigi yang sudah rusak. Meskipun masih halus namun berpotensi menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Karena itu, jangan enggan dan abai untuk memeriksakan kesehatan gigi secara teratur.

Demikian artikel tentang penyebab dan tips mencegah sakit gigi. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...