Kesehatan / Informasi / Penyakit Degeneratif, Pengertian, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Penyakit Degeneratif, Pengertian, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Mungkin Anda sering mendengar istilah penyakit degeneratif. Sebuah istilah medis yang semakin populer dewasa ini. Gaya hidup masyarakat modern yang serba instan dan jauh dari gaya hidup tidak sehat memicu semakin meningkatnya angka kasus penyakit ini di masyarakat. Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2005 menyebutkan bahwa angka kematian yang disebabkan oleh penyakit degeneratif ini telah mencapai 17 juta orang di seluruh dunia. Angka ini menempatkan penyakit degeneratif sebagai penyakit penyebab kematian terbesar di dunia.penyakit degeneratif

Pengertian Penyakit Degeneratif

Kita sudah mengetahui bahaya besar di balik penyakit ini. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit degeneratif? Penyakit degeneratif sebenarnya bukan nama satu jenis penyakit. Melainkan istilah medis yang menjelaskan tentang penyakit yang muncul karena terjadinya proses kemunduran fungsi sel dalam tubuh manusia. Pengertian sederhananya adalah penyakit yang disebaban karena sel tidak lagi berfungsi sebagaimana biasanya.

Ada banyak jenis penyakit yang termasuk dalam kelompok ini. Lebih dari 50 jenis penyakit termasuk dalam kelompok penyakit degeneratif ini. Beberapa diantaranya yang populer yaitu penyakit gula (diabetes mellitus, stroke, jantung koroner, Kanker, kardiovaskuler, obesias, osteoporosis, hipertensi, dan lainnya.

Penyebab Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif bukanlah jenis penyakit menular. Penyakit ini bisa saja menghinggapi siapa saja. Semakin tua usia seseorang potensi terjangkit penyakit ini semakin besar. Karena, secara alami fungsi sel manusia akan semakin menurun seiring dengan pertambahan usia. Kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel juga semakin menurun.

Pendapat ini dikuatkan oleh berbagai hasil penelitian terkait penyebab penyakit degeneratif. Berbagai hasil penelitian modern menyebutkan bahwa kemunculan penyakit degeneratif berkorelasi positif dengan penuaan usia seseorang. Para manula memiliki potensi lebih besar terserang penyakit degeneratif dari pada orang muda. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga terjadi pada mereka yang berusia muda.

Mengapa demikian?

Karena, selain faktor penuaan, penyakit degeneratif juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan dan gaya hidup. Ya, penyakit degeneratif juga bisa diturunkan secara genetik. Seseorang yang terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes, memiliki resiko besar terserang diabetes. Demikian juga dengan jenis penyakit degeneratif lainnya.

Namun jika Anda tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit degeneratif, bukan berarti Anda terbebas dari resiko terkena penyakit ini. Karena, saat ini faktor terbesar penyebab penyakit degeneratif justru ada pada gaya hidup Anda sendiri. Ya, gaya hidup tidak sehat adalah pemicu terbesar meningkatnya kasus penyakit ini di masyarakat. Beberapa gaya hidup tidak sehat pemicu munculnya penyakit degeneratif adalah:

  1. Mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, makanan instan, goreng-gorengan, dan lainnya.
  2. Merokok
  3. Mengkonsumsi alkohol
  4. Kurang olahraga
  5. Kurang istirahat
  6. stress

Cara Pencegahan Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif sangat berkaitan erat dengan pertambahan usia. Tapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah. Tetap ada usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini. Minimal ada tiga langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif dalam diri, yaitu:

  • Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari

Pola hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah munculnya penyakit degeneratif. Pola hidup sehat ini meliputi kebiasaan-kebiasaan baik yang dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti; pola makan sehat, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, istirahat yang cukup, olahraga teratur dan menghindari stres.

  • Memeriksakan kesehatan secara teratur

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk memastikan bahwa tubuh berada dalam kondisi baik. Cek tekanan darah, kadar gula, kadar kolesterol, berat badan dan kondisi kesehatan tubuh lainnya secara teratur. Hal ini penting untuk memastikan fungsi tubuh secara keseluruhan berada dalam kondisi normal. Selain itu, pemeriksaan kesehatan penting dilakukan untuk mendeteksi adanya gejala-gejala penyakit degeneratif sedini mungkin.

  • Mengontrol pola makan dengan ketat bagi kelompok usia beresiko.

Bagi mereka yang beresiko tinggi, seperti manula dan mereka yang memiliki riwayat keturunan menderita penyakit ini sebaiknya lebih waspada. Ada baiknya untuk lebih ketat lagi mengontrol pola makan.

Penyakit degeneratif memang tidak menular. Namun, penyakit ini bisa menyebar dengan cepat karena gaya hidup tidak sehat yang tanpa sadar kita budayakan dewasa ini. Jadi, jangan terlena dengan kenikmatan sesaat yang memanjakan tubuh kita. Mari budayakan pola hidup sehat saat ini juga, selamatkan diri dan keluarga kita dari bahaya penyakit degeneratif!

Referensi:

Amelia, R. 2010. Dahsyatnya Terapi Herbal untuk Tujuh Penyakit Degeneratif.  Yogyakarta: Pinang Merah.

Sumber Gambar: www.seizeurfuture.com

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...