Kesehatan / Wawasan / Pentingnya Pendinginan Setelah Olahraga

Pentingnya Pendinginan Setelah Olahraga

Pentingnya pendinginan setelah olahraga – Belovers, apakah Anda selalu berolahraga? Olahraga adalah sebuah kebiasaan sehat yang perlu dibudayakan dalam hidup kita. Olahraga bukan sekedar kegiatan fisik yang menguras energi. Akan tetapi olahraga adalah latihan fisik yang berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

duniafitnesdotcomOleh karena itu, olahraga yang dilakukan harus melewati tahapan-tahapan yang tepat. Agar olahraga yang kita lakukan benar-benar memberikan manfaat yang positif bagi kebugaran tubuh. Dalam olahraga ada tiga tahapan penting yang harus dilewati, yaitu tahapan pemanasan, tahapan inti, dan tahapan pendinginan. Ketiga tahapan ini sama-sama memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Sayangnya, tahapan pendinginan seringkali dilupakan oleh orang-orang yang berolahraga. Padahal tahapan ini tidak membutuhkan waktu yang banyak. Hanya butuh waktu beberapa menit saja. Meski sebentar, namun manfaat positif dari tahapan ini sangat besar bagi kebugaran tubuh.

Pendinginan adalah latihan peregangan yang intensitas dan kecepatannya lebih santai dari tahapan inti dari olahraga itu sendiri. Gerakan lambat dengan ritme yang teratur ini memberikan manfaat positif untuk menurunkan ritme kerja seluruh sistem tubuh secara bertahap. Sehingga tubuh terhindar dari berbagai stres yang mungkin terjadi jika kegiatan olahraga tersebut diakhiri tanpa tahapan pendinginan ini.

Seberapa penting sih peran tahap pendinginan setelah olahraga ini? Dalam tulisan ini kita akan membahas tentang pentingnya pendinginan dalam olahraga, yaitu:

  1. Intensitas detak jantung dan pernafasan bisa kembali normal secara bertahap. Hal ini memberi kesempatan pada seluruh sistem tubuh untuk menyesuaikan dengan ritme kerja jantung dan paru-paru.
  2. Saat berolahraga, otot-otot menjadi hangat dan ukurannya menjadi lebih pendek dari sebelumnya.  Setelah berolahraga otot-otot akan kembali mendingin, karena intensitas pembakaran mulai berkurang. Otot-otok akan kembali pada ukuran normalnya. Kegiatan pendinginan memberi kesempatan pada tubuh untuk meregangkan otot-otot dengan sempurna dan kembali pada ukuran normal secara bertahap dengan cepat. Jika, setelah olahraga tidak dilakukan tahapan pendinginan, maka otot akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meregang dan kembali pada ukuran normal. Jika proses peregangan tidak berhasil maksimal, maka yang akan terjadi justru pengecilan serat otot secara permanen.
  3. Tahapan pendinginan juga penting untuk mencegah terjadinya berbagai masalah pada sendi dan tulang setelah olahraga akibat menurunnya fleksibilitas sendi. Seperti; kaku, nyeri dan cidera sendi.
  4. Tahapan pendinginan lebih jauh memberikan sensasi tenang pada fisik dan emosi.
  5. Mempersiapkan otot dan sendi untuk latihan olahraga selanjutnya.

Jadi, bagi Belovers yang rutin berolahraga jangan pernah lupakan pentingnya pendinginan setelah olahraga ya! Tahapan ini tidak membutuhkan waktu yang lama kok. Cukup lima menit saja, namun efeknya sangat luar biasa bagi tubuh. Ok, selamat berolahraga!

Gambar: www.duniafitnes.com

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...