Kesehatan / Mulut & Gigi / Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Mengobati sakit gigi secara alami – Sakit gigi seringkali kambuh tanpa kenal waktu. Bisa siang, sore bahkan tengah malam. Sakit gigi seringkali menyiksa, dan butuh segera ditangani. Minimal untuk mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada gigi. Biasanya alternatif termudah adalah dengan minta pertolongan pada ahlinya yakni dokter gigi. Lalu, bagaimana jika sakit gigi kambuh di tengah malam? Mendatangi dokter gigi di tengah malam, mugkin bukan solusi yang tepat. Jika dibiarkan, mungkin Anda akan tersiksa sepanjang malam. Lalu bagaimana solusi terbaik?

Kondisi inilah yang terjadi pada saya beberapa waktu yang lalu. Ditambah lagi saya bukan orang yang gampang berobat ke dokter. Minta pertolongan dokter bagi saya adalah pilihan terakhir. Sehingga, mau tidak mau saya kemudian menggunakan bahan-bahan yang tersedia untuk mengobati sakit gigi secara alami.

Berdasarkan pengalaman selama ini, ada beberapa bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami, yaitu:

Garam

Pilihan favorit saya untuk mengurangi nyeri pada gigi adalah air garam. Cara menggunakannya sangat gampang. Ambil setengah sendok garam, kemudian larutkan dalam air hangat. Kemudian gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur. Diamkan beberapa saat air kumuran tersebut membasahi bagian gigi yang sakit sebelum dimuntahkan. Ulangi hingga beberapa kali. Terakhir, bersihkan mulut dengan air tawar.

Daun nangka

Selain garam saya juga sering berkumur-kumur dengan air rebusan daun nangka. Caranya, pertama ambil daun nangka yang masih hijau, kemudian cuci bersih. Rebus daun tersebut dengan air secukupnya. Setelah mendidih, matikan api kompor dan diamkan hingga air rebusan hangat-hangat kuku. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur-kumur seperti air garam di atas.

Bawang putih

Bahan alami lain yang pernah saya gunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bawang putih. Cara menggunakannya pun tidak terlalu sulit. Ambil satu siung bawang putih dan sedikit garam. Kemudian, lumatkan kedua bahan tersebut dengan batu giling atau alat lainnya. Kemudia, letakkan lumatan bawang putih dan garam tersebut pada bagian gigi yang berlobang. Diamkan beberapa saat, kemudian buang. Cuci rongga mulut dengan air bersih.

Getah bunga kecubung

Saya pernah membaca bahwa getah bunga kecubung juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami. Namun, untuk bahwan yang satu ini belum pernah saya cobakan. Mengingat bunga kecubung jarang ditemukan di tempat saya. Caranya adalah dengan meneteskan getah bunga kecubung pada bagian gigi yang sakit atau berlobang. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Nah, demikian beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami. Namun, terlepas dari semua itu, mencegah tetap jauh lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu silahkan baca juga artikel Penyebab dan Tips Mencegah Sakit Gigi.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

One comment

  1. bisa ya gan menggunakan bawang putih?
    bisa dicoba nih kalo sakit gigi kumat, kalo pas kumat, ampuuun rasanya menyiksa banget, thnks

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...