Kesehatan / Herbal / Mengobati Ambeien dengan Daun Jambu Biji

Mengobati Ambeien dengan Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Selain buahnya yang bermanfaat menurunkan kolesterol, ternyata daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati  sakit ambeien. Daun jambu biji selain enak dilalp juga sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Daun jambu biji diketahui mengandung berbagai senyawa kimia alami yang berkhasiat menyembuhkan. Dalam artikel berikut kita akan membahas tentang bagaimana mengobati ambeien dengan daun jambu biji.

Penyakit ambeien

Ilustrasi Gejala Ambeien Sumber: caramengatasipenyakit.com

Ilustrasi Gejala Ambeien
Sumber: caramengatasipenyakit.com

Sebelumnya mari kita kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ambeien. Ambeien merupakan penyakit berupa pembengkakan pada pembuluh darah yang terletak pada bagian bawah poros usus. Gejala ambeien bisa terjadi pada bagian dalam maupun luar usus. Salah satu pemicu penyakit ambeien adalah kurangnya asupan serat. Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa memicu timbulnya penyakit ini. Oleh karena itu, penderita ambeien sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar , serta rutin melakukan olahraga ringan untuk mempercepat proses penyembuhan. Penderita ambeien sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan pedas, menjauhi minuman beralkohol dan makanan dengan kadar lemak tinggi.

Seperti apa sih gejala penyakit ambeien? Nah, berikut adalah beberapa gejala penyakit ambeien (wasir) yang perlu Anda ketahui:

  1. Sulit buang air besar (BAB)
  2. Muncul benjolan di sekelilingliang dubur disertai dengan rasa panas atau gatal.
  3. Muncul rasa sakit yang luar biasa saat BA, terkadang disertai dengan munculnya pendarahan saat BAB.

Mencegah tetap jauh lebih baik dari pada mengobati. Adapun upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

  1. Konsumsi makanan kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan segar.
  2. Memperbanyak minum air putih, minimal 8-10 gelas per hari.
  3. Olah raga ringan secara teratur untuk memperlancar aliran darah dan menghindari resiko kegemukan.
  4. Hindari kebiasaan duduk terlalu lama. Jika aktivitas pekerjaan memaksa anda untuk duduk terlalu lama, usahakan untuk berdiri dan berjalan beberapa saat agar aliran darah pada pembuluh pena tetap lancar.
  5. Hindari kebiasaan menahan BAB terlalu lama.

 Cara Membuat Ramuan Herbal untuk Ambeien

Daun jambu biji bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat ramuan herbal untuk mengobati ambeien. Membuat ramuan herbal untuk mengobati ambeien tidak terlalu sulit, berikut adalah cara membuatnya:

Bahan:

–          Daun muda jambu biji

–          Pisang batu

–          Air

Cara membuat ramuan

Daun muda tanaman jambu biji dicuci bersih terlebih dahulu, sementara pisang batu dikupas kulitnya. Daun jambu biji dan pisang batu kemudian ditumbuk hingga halus, dan peras airnya. Air perasannya kemudian diminum. Minum ramuan ini setiap hari dengan teratur. Lakukan hingga gejala ambeien benar-benar pulih.

Demikian artikel tentang cara mengobati ambeien dengan daun jambu biji. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...