Kesehatan / Informasi / Menghilangkan Bau Mulut dengan Kemukus

Menghilangkan Bau Mulut dengan Kemukus

Jangan sampai bau mulut mengganggu rasa percaya diri Belovers saat bersosialisasi dengan teman dan kerabat. Terlebih dengan pasangan tercinta. Bau mulut memang bukan penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, penyakit satu ini bisa membahayakan citra diri kita di hadapan orang-orang yang berinteraksi dengan kita. Bisa-bisa kita dicap sebagai orang yang jorok dan tidak pandai merawat diri.

Hii… amit-amit kan?

bau mulut

Gambar: www.pondokibu.com

Oleh karena itu, yuk kenali apakah kita termasuk orang yang memiliki bau mulut atau tidak. Caranya sangat sederhana sekali. Ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama, letakkan telapak tangan beberapa centi di depan mulut. Kemudian tiup udara ke telapak tangan dengan mulut terbuka. Rasakan aroma udara dari mulut tersebut, adakah berbau kurang sedap? Cara kedua adalah basahi punggung tangan dengan air liur atau jilat punggung tangan tersebut, kemudian cium. Adakah berbau tidak sedap. Jika ‘iya’ berarti Anda memiliki bau mulut. Maka bersegeralah untuk mengatasinya.

Penyebab Bau Mulut

Sebelumnya mari kita kenali dulu sebenarnya apa sih penyebab timbulnya bau mulut itu? Secara umum ada beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya bau mulut, diantaranya yaitu:

  • Mengkonsumsi makanan tertentu yang menimbulkan aroma tidak sedap, seperti petai, jengkol, bawang mentah dan sejenisnya.
  • Gangguan pada gigi dan mulut, seperti gigi berlobang, sariawan pada gusi dan usus, dan lain-lain.
  • Aktivitas mikrobia mulut yang mengurai sisa-sia makanan di sela-sela gigi yang tidak segera dibersihkan.
  • Selain itu bau mulut juga dapat dipicu oleh adanya radang tenggorokan ataupun amandel menahun.

Mengetahu faktor penyebab bau mulut ini penting, agar kita bisa memberikan penanganan yang tepat pada permasalahan bau mulut. Penanganan untuk bau mulut yang disebabkan oleh makanan tentunya berbeda dengan penanganan bau mulut yang disebabkan oleh gangguan kesehatan pada gigi dan mulut. Demikian juga dengan bau mulut yang disebabkan oleh faktor-faktor lainnya. Agar bau mulut bisa diatasi dengan

Mengatasi Bau Mulut dengan Kemukus

Menurut R. Broto Sudibyo, Bsc. herbalis sekaligus Kepala Bidang Pelayanan Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, bau mulut bisa diatasi dengan tepat jika penyebabnya diketahui pasti. Penyebabnya inilah yang pertama kali harus disembuhkan atau dihilangkan. Jika faktor penyebab bau mulut ini sudah disembuhkan/hilang, maka dengan sendirinya kita akan terbebas dari bau mulut.

Namun demikian, R. Broto Sudibyo sebuah resep sementara yang bisa diaplikasikan untuk mengurangi pancaran bau tidak sedap dari mulut, yaitu:

  • 7 buah kemukus (biasanya tersedia di toko-toko jamu)
  • ½ genggam daun beluntas segar
  • 7 buah kapulaga
  • 7 buah cengkeh
  • ½ jari kayu manis
  • ½ jari rimpang kunyit

Adapun cara membuatnya yaitu: bersihkan semua bahan, cuci dengan air mengalir dan masukkan dalam panci. Khusus untuk kunyit, terlebih dahulu diiris tipis-tipis sebelum di masukkan dalam panci. Gunakan panci yang terbuat dari tanah/keramik untuk merebus. Hindari menggunakan panci yang terbuat dari alumunium atau kuningan untuk merebus bahan-bahan obat. Tambahkan empat gelas air ke dalam panci yang sudah diisi dengan bahan-bahan tadi. Rebus hingga mendidih dan air rebusan tinggal tiga gelas. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari setelah makan. Lakukan secara rutin minimal selama dua minggu berturut-turut. Selain itu disarankan juga untuk mengkonsumsi lalapan daun kemangi dan bunga kecombrang setiap hari.

Referensi Resep: Rubrik Obat Tradisional Majalah Trubus edisi Mei 2003.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...