Kesehatan / Ibu dan Anak / Mengenal Penyakit Cacar dan Jenis-jenisnya

Mengenal Penyakit Cacar dan Jenis-jenisnya

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit cacar? Sepertinya hampir semua orang pernah menderita penyakit ini. Penyakit cacar bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia maupun status sosial. Demam panas dan munculnya bintik-bintik merah pada kulit adalah ciri khas gejala serangan penyakit ini.

Penyakit Cacar

Sumber Gambar: www.penyakitcacar.com

Sumber Gambar: www.penyakitcacar.com

Penyakit cacar sudah dikenal jauh semenjak zaman dahulu. Dalam dunia medis penyakit ini dikenal dengan istilah ‘variola’. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh patogen virus, namun ada juga jenis penyakit cacar ini yang disebabkan oleh patogen bakteri. Tergolong penyakit menular dan proses penularannya berlangsung sangat cepat dari satu penderita ke penderita lain.

Sebenarnya penyakit cacar bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli usia maupun status sosial. Akan tetapi penyakit ini sangat umum terjadi pada anak dan balita. Pada umumnya, penyakit ini hanya menyerang sekali seumur hidup. Jika Anda sudah pernah mengalami penyakit cacar, maka untuk selanjutnya tidak akan terserang lagi. Namun demikian, virus penyebab penyakit ini tidak gampang dimusnahkan. Patogen virus akan tetap ada dan tertanam pada lapisan kulit paling dalam dan berpotensi menularkan pada calon penderita lainnya.

Ciri khas penyakit cacar ini adalah meninggalkan bekas cacar berupa noda hitam dan bopeng pada bagian kulit yang terserang. Bekas cacar akan terlihat sangat ketara jika terjadi pada bagian wajah. Bagi penderita dewasa ini dapat merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Jenis-jenis Penyakit Cacar

Penyakit cacar yang menyerang manusia ada banyak jenisnya. Setiap jenis memiliki gejala dan dampak berbeda. Nah, agar bisa memberikan penanganan yang tepat pada penderita, Anda perlu mengenal jenis-jenis penyakit cacar tersebut. Berikut adalah 3 jenis penyakit cacar yang perlu Anda ketahui:

  1. Cacar Air

Cacar air merupakan jenis penyakit menular akut. Pada umumnya, jenis penyakit cacar ini menyerang anak-anak usia balita. Cacar air ditandai oleh timbulnya bintik-bintik cacar berwarna merah pada permukaan kulit. Bintik-bintik cacar ini mengandung cairan (vesikel).

Cacar air disebabkan oleh virus vericella zostar (V-2). Virus ini hidup dan berkembang dalam cairan vesikel, darah dan selaput lendir penderita. Penularan penyakit cacar air terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang mengandung virus vericella zostar tersebut.

  1. Cacar Ular

Cacar ular merupakan reaksi lanjutan dari penyakit cacar air. Cacar jenis ini disebabkan oleh virus herpes zoster. Gejala serangan hampir sama dengan penyakit cacar air. Yaitu timbulnya bintik-bintik merah berair pada permukaan kulit penderita. Perbedaannya, bintik merah berair pada penderita cacar ular ukurannya lebih besar dari pada cacar air.

  1. Cacar Monyet

Jenis penyakit cacar monyet sering juga disebut dengan penyakit cacar api. Penyakit ini tergolong langka, jarang ditemukan. Berbeda dengan jenis penyakit cacar lainnya yang disebabkan oleh virus. Cacar monyet disebabkan oleh serangan bakteri Staphylococus aureus. Gejala serangan ditandai oleh tumbuhnya gelembung-gelembung cacar yang berisi air dan nanah pada kulit. Gelembung-gelembung ini mudah seakali pecah dan mengeluarkan nanah yang berwarna kuning keruh.

Itulah sekilas informasi tentang penyakit cacar dan jenis-jenisnya. Pada tulisan selanjutnya kita akan membahas tentang tips mencegah timbulnya noda bekas cacar pada kulit. Semoga informasi ini bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...