Kesehatan / Herbal / Mengatasi Permasalahan Kulit dengan Sambiloto

Mengatasi Permasalahan Kulit dengan Sambiloto

Tren back to nature tidak hanya untuk mengobati penyakit dalam. Akan tetapi juga untuk mengobati berbagai penyakit luar seperti penyakit-penyakit yang berkaitan dengan permasalahan kulit. Saat ini memang sudah banyak tersedia obat luar yang praktis dan siap pakai. Namun, tidak ada salahnya kita memanfaatkan tanaman herbal untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Salah satu jenis tanaman obat yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit adalah sambiloto.

Mengenal Tanaman Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan tanaman obat kaya khasiat yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan berbagai sebutan. Misalnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur sambiloto dikenal dengan sebutan bidara, sandiloto, sambroto, takilo dan paitan. Sementara di Jawa Barat dikenal dengan sebutan kipeurat, takila dan kioray. Di Sumatera tanaman ini dikenal dengan nama papaitan.

Seperti apa ciri morfologi tanaman ini? Tanaman sambiloto tumbuh tegak dengan tinggi tanaman mencapai 90 cm. Batang sambiloto berbentuk persegi empat, berbuku dan bercabang. Ciri khas tanaman ini adalah, jika digigit setiap bagiannya terasa pahit.

Tanaman sambiloto juga menghasilkan bunga. Bunganya berukuran kecil, berbentuk bulat panjang, dengan pangkat dan ujungnya meruncing. Bunga berwarna putih, tumbuh dari ujung tangkai yang bersusun dalam rangkaian tandan bunga.

Sambiloto memiliki daun berukuran kecil dan berbentuk lanset. Daun bertangkai pendek dan posisi duduknya saling berhadapan. Daun berwarna hijau muda pada bagian atas dan bagian bawang berwarna hijau tua.

Sambiloto sering ditemui tumbuh alami di lahan-lahan terbuka.  Seperti di kebun, halaman rumah, dan pinggiran sungai. Namun, mengingat tanaman ini semakin populer dalam pengobatan herbal, saat ini semakin banyak yang membudidayakannya secara khusus. Sambiloto tidak sulit dibudidayakan. Tanaman ini bisa dikembangbiakkan dengan stek dan biji. Namun, pembudidayaan dengan cara stek jauh lebih mudah dilakukan.

Resep Herbal untuk Mengobati Masalah Kulit

Anda punya masalah kulit? Tidak perlu buru-buru mencari salep dan obat kulit lainnya. Cukup manfaatkan tanaman sambiloto yang tumbuh di pekarangan rumah Anda. Nah, berikut adalah beberapa resep herbal untuk mengobati masalah kulit:

  1. Gatal-gatal

Untuk mengobati gatal-gatal, sediakan 1 gram daun sambiloto, 1 gram jahe dan 1 gram akar wangi. Tumbuk semua bahan hingga halus seperti bubuk. Larutkan ramuan tersebut dengan air kemudian diminum sebanyak 3 kali sehari.

  1. Kudis

Ambil satu genggam daun sambiloto dan belerang secukupnya. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian ditumbuk hingga halus. Balurkan ramuan tersebut pada bagian kulit yang sakit. Ulangi pengobatan hingga sembuh.

  1. Luka dan koreng

Jemur daun sambiloto hingga kering. Tumbuk daun kering tersebut hingga halus dan menjadi bubuk. Taburi luka dan koreng dengan bubuk sambiloto kering tersebut.

Sangat mudah bukan mengatasi gangguan kulit dengan sambiloto? Oleh karena itu, mulai sekarang lengkapi apotik hidup Anda dengan tanaman sambiloto. Selain untuk mengatasi gangguan kulit, sambiloto juga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit lainnya.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...