Kesehatan / Gizi / Mengapa Sayur Bayam yang Terlanjur Dingin Tidak Boleh Dipanaskan Lagi?

Mengapa Sayur Bayam yang Terlanjur Dingin Tidak Boleh Dipanaskan Lagi?

Belovers, pernah mendengar larangan memanaskan sayur bayam yang sudah terlanjur dingin? Mengapa sayur bayam yang terlanjur dingin tidak boleh dipanaskan lagi? Benarkah sayur bayam yang dipanaskan berulang bisa beracun? Hal ini tentunya menjadi tanda tanya besar bagi kaum ibu yang biasa menyiapkan hidangan untuk keluarga. Karena seringkali sayuran yang dimasak tidak habis sekali makan, sehingga sayang jika dibuang. Namun, jika dihidangkan dalam kondisi dingin terkadang juga kurang menggugah selera. Sehingga memanaskan sayur bayam yang terlanjur dingin sering menjadi pilihan.

Sayur Bayam (tribunnews.com)

Sayur Bayam (tribunnews.com)

Secara teori ada tiga alasan mengapa sayur bayam yang terlanjur dingin tidak boleh dipanaskan berulang, yaitu:

Pertama: Pemanasan ulang bisa menyebabkan zat besi pada sayur bayam mengalami oksidasi

Hal pertama mengapa sayur bayam tidak boleh dipanaskan berulang adalah berkaitan dengan kandungan zat besinya. Sayuran bayam diketahui memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Jika sayur bayam yang terlanjur dingin dipanaskan, dikhawatirkan zat besi yang ada pada bayam tersebut akan mengalami oksidasi. Yakni zat besi teroksidasi dari bentuk Fe2+ menjadi Fe3+. Di mana, zat besi yang bisa diserap oleh tubuh adalah zat besi dalam bentuk Fe2+. Sementara zat besi dalam bentuk Fe3+ tidak dapat diserap oleh tubuh.

Kedua: Pemanasan ulang bisa mengubah kandungan nitrat pada bayam menjadi nitrat

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan nitrat tinggi. Nah, pemanasan berulang akan mengubah senyawa nitrat menjadi nitrit. Senyawa nitrit dalam tubuh bersifat merusak dan berpotensi menjadi racun. Jika masuk dalam aliran darah, nitrit akan berikatan dengan darah. Kondisi ini akan mengganggu proses pengikatan oksigen oleh darah.

Selain itu, nitrit bisa berikatan dengan senyawa amine membentuk senyawa nitrosamine. Nitrosamine ini merupakan senyawa yang bersifat racun dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

Namun, secara garis besar perubahan pada zat besi dan nitrat pada sayur bayam ini tidak terlalu berbahaya jika dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun, bagi balita dan anak kecil, dikhawatirkan resiko bahayanya akan lebih besar. Meskipun demikian, pemanasan sayur bayam untuk dikonsumsi lagi dari sisi kesehatan tetap tidak direkomendasikan. Sayur segar dan baru matang tetap lebih sehat dan aman.

Ketiga: Pemanasan berulang akan semakin merusak zat gizi (khususnya vitamin) pada sayur

Selain itu, semua jenis sayuran sebaiknya tidak dimasak terlalu lama apalagi sampai dipanaskan berulang. Mengapa demikian? Sebab, sayuran kaya akan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Sifat vitamin adalah mudah rusak pada suhu tinggi. Karena itu sayuran sebaiknya dimasak setengah matang saja dan langsung dikonsumsi. Bahkan, sayuran mentah (raw food) jauh lebih recommended untuk dikonsumsi.

Dengan demikian, pemanasan berulang jelas akan merusak zat-zat gizi (terutama vitamin) dalam sayur tersebut. Jadi, sayur bayam yang sudah terlanjur dingin sebaiknya tidak dipanaskan lagi.

Nah, inilah alasan logisnya mengapa sayur bayam yang terlanjur dingin tidak boleh dipanaskan ulang. Ada baiknya kita memasak sayur bayam sesuai dengan kebutuhan saja. Porsi memasak cukup untuk satu kali makan saja. Dan hindari memasak sayur yang terlalu lama. Agar kandungan vitamin dalam sayur tidak rusak.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger
x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...