Kesehatan / Herbal / Mengapa Madu Sangat Berkhasiat?

Mengapa Madu Sangat Berkhasiat?

Mungkin diantara Belovers ada yang bertanya-tanya mengapa madu sangat berkhasiat? Ya, bukan rahasia lagi bahwa madu merupakan cairan yang sangat berkhasiat. Dari zaman dahulu hingga detik ini, khasiat madu masih diakui. Madu masih dipercaya sebagai minuman berkhasiat untuk kesehatan. Bahkan, madu merupakan salah satu minuman yang disebut dalam kitab-kitab agama samawi. Salah satunya dalam Al quran surat An-Nahl Allah Swt berfirman:

Dan Tuhan-mu telah mewahyukan kepada lebah, ‘buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon dan di tempat-tempat yang dibangun manusia’. Kemudian makanlah dari tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhan-mu yang telah memudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya dan di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi manusia yang berfikir.” (QS. An Nahl: 68-69).

Apa Itu Madu?

Close up imege of fresh honey

Gambar: www.ummi-online.com

Sebelum menjawab pertanyaan mengapa madu sangat berkhasiat, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal apa itu madu? Ya, cairan atau minuman seperti apa sih yang dimaksud dengan madu?

Dalam Al Quran Surat An-Nahl di atas disebutkan bahwa madu merupakan minuman atau cairan yang keluar dari perut lebah,bermacam-macam warnanya dan mengandung obat yang dapat menyembuhkan manusia.

Ya madu dihasilkan oleh serangga yang dikenal manusia dengan nama lebah. Lebah memiliki karakter khusus dan namanya diabadikan dalam Al Quran. Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari serangga lebah ini. Lebah diketahui hanya mengkonsumsi makanan yang baik-baik saja. Yakni sari pati bunga pada tanaman. Sari pati bunga inilah yang kemudian menjadi madu mengandung banyak nutrisi ztau zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi Madu

Nah Belovers, jawaban dari pertanyaan mengapa madu sangat berkhasiat ada di sini. Jadi, madu berkhasiat bagi kesehatan sebab madu kaya akan nutrisi dan zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam satu gram madu terdapat 294 kalori dan lebih dari 70 macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya yaitu:

  1. Zat gula alami.

Madu mengandung zat gula alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya yaitu fruktosa, glukosa, sukrosa, dan lainnya.

  1. Enzym

Madu juga diketahui mengandung banyak enzym yang sangat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Beberapa enzym penting yang terdapat pada madu antara lain; amilase, peroxidise, catalse, lipase, inulase, dan lain-lain.

  1. Vitamin

Vitamin yang terdapat pada madu antara lain; vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, beberapa biotin, vitamin K dan vitamin K.

  1. Logam dan mineral organik

Madu kaya akan zat-zat logam dan mineral alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya yaitu: Kalsium, potassium, Sodium, Fosfor, Kirbit, Mangaan, Silikat, dan lain-lain.

  1. Zat-zat aromatis

Zat-zat aromatis yang terkandung dalam madu antara lain terpen, ester aldehida, manitol, maltosa dan malizitosa.

  1. Asam-asam alami

Madu juga mengandung asam-asam alami yang diperlukan oleh tubuh manusia, seperti; asam formiat, asam asetat, asam maleat, asam citrat, asam succinat, dan lain-lain.

  1. Zat warna

Pada madu juga terdapat zat-zat warna alami seperti caroteen, Anthophyl, Chlorophyl, dll.

Nah, kandungan nutrisi yang lengkap inilah jawabannya mengapa madu sangat berkhasiat bagi kesehatan. Bahkan para ahli pangan dan gizi menyimpulkan bahwa madu merupakan minuman alami terbaik di dunia. Karenanya, yuk mengkonsumsi madu secara rutin dan teratur. Agar khasiat positifnya bisa dirasakan oleh tubuh.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...