Kesehatan / Informasi / Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Buah?

Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Buah?

Mengapa kita harus mengkonsumsi buah – Kita patut bersyukur hidup di negeri yang subur seperti Indonesia ini. Berbagai jenis tanaman tumbuh dengan subur di sini. Termasuk tanaman buah-buahan yang menjadi sumber penghasil buah-buahan untuk konsumsi kita setiap hari. Ya, di negeri kita ini buah-buahan tersedia berlimpah. Bahkan, jika memasuki musimnya buah-buahan lokal di tingkat petani sampai tidak berharga.

www.lampost.co

www.lampost.co

Namun sayangnya, meski diberi kemudahan untuk mendapatkan buah-buahan, kesadaran untuk menjadikan buah sebagai bagian dari konsumsi sehari-hari masih rendah. Umumnya, di Indonesia buah hanya dikenal sebagai makanan pencuci mulut. Padahal, buah-buahan mengandung nutrisi yang menawarkan fungsi penting bagi tubuh.

Boleh jadi mayoritas orang Indonesia belum menjadikan buah-buahan sebagai bagian dari konsumsi sehari-hai bukan karena tidak suka. Siapa sih yang tidak suka buah. Siapapun yang ditawari buah atau snack, pasti jauh lebih memilih buah. Bukan juga karena sulit atau mahal untuk mendapatkan buah. Negeri ini menyediakan buah-buahan lokal dengan berlimpah dan murah. Bahkan sangat mungkin gratis jika mau menanam sendiri. Akan tetapi kurangnya pengetahuan tentang pentingnya mengkonsumsi buahlah yang membuat angka konsumsi buah di Indonesia masih rendah.

Untuk itu, dalam artikel kali ini Blogekstra.com ingin berbagi sedikit informasi tentang mengapa kita harus mengkonsumsi buah? Paling tidak ada lima alasan mengapa kita harus mengkonsumsi buah, yakni:

Buah Mengandung Banyak Air

Buah mengandung banyak air. Rata-rata hampir delapan puluh persen dari bagian buah adalah air. Sebagaimana dimaklumi, tubuh manusia membutuhkan banyak air setia hari. Nah, kebutuhan akan air tersebut tidak melulu harus disuplay dari minuman. Meskipun minum air putih juga penting. Nah, ketika kita mengkonsumsi buah setiap hari, secara tidak langsung tubuh juga memperoleh asupan air dari buah tersebut. Sehingga kebutuhan tubuh akan air dapat terbantu.

Buah Kaya Manfaat

Buah-buahan selain enak juga dikenal kaya manfaat. Beberapa manfaat buah bagi tubuh antara lain:

  • Membantu meningkatkan daya ingat. Buah merupakan sumber nutrisi baik bagi otak. Mengkonsumsi buah secara rutin dapat membantu menyegarkan otak. Sehingga otak lebih mudah dalam menyimpan dan mengingat informasi yang diterimanya. Sehingga daya ingat kita menjadi lebih kuat.
  • Berkhasiat mengatasi berbagai masalah kesehata. Banyak jenis buah yang bisa kita konsumsi. Masing-masing memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Sebab itu, mengkonsumsi buah sangat dianjurkan bagi mereka yang sakit atau dalam proses pemulihan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk menunjang kekebalan tubuh. Jadi, sangat disarankan sekali mengkonsumsi buah secara rutin guna menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh.
  • Mencegah hipertensi, penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Buah diketahui kaya akan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan berserat sangat dianjurkan. Terutama untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti hipertensi, jantung dan lain-lain. Karena serat yang berasal dari buah-buahan berfungsi untuk meluruhkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah.

Buah Bebas Kolesterol

Buah adalah makanan yang sehat. Bebas dari kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, ganti jajan gorengan dengan buah-buahan. Agar tubuh kita tetap sehat bebas dari kolesterol jahat. Jadi, ketika lapar atau pengen ngemil, ambil saja buah!

Sumber Nutrisi yang Murah dan Mudah

Siapa bilang buah-buahan harus mahal? Untuk bisa menikmati tasa dan manfaat buah, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pergi saja ke pasar-pasar tradisional. Di sana tersedia buah-buahan lokal yang murah lagi kaya manfaat. Atau datanglah ke desa-desa di musim buah. Anda bisa mendapatkan buah-buahan lokal dengan harga yang amat sangat murah. Masih mahal? Cobalah manfaatkan pekarangan untuk menanam pohon buah-buahan. Sehingga kita bisa memetik buah langsung dari pohonnya tanpa perlu mengeluarkan uang. Lalu, apalagi alasan kita untuk tidak mengkonsumsi buah?

Makanan Alami yang Sehat

Buah-buahan tidak perlu diolah untuk bisa dikonsumsi. Kita tidak perlu juga menambahkan bumbu, gula, atau penyedap rasa. Justru buah jauh lebih enak dikonsumsi dalam bentuk segar. Jadi, buah benar-benar makanan yang alami, segar lagi bersahabat dengan alam.

Itulah lima diantara banyak alasan mengapa kita harus mengkonsumsi buah setiap hari. Jadi, apalagi yang menghalangi kita untuk mengkonsumsi buah?

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...