Kesehatan / Lain-lain / Mengapa Botol Bekas Air Mineral Tidak Boleh Digunakan Berulang?

Mengapa Botol Bekas Air Mineral Tidak Boleh Digunakan Berulang?

Botol bekas air mineral rasanya sayang dibuang begitu saja. Botol-botol plastik ini rasanya akan lebih bermanfaat jika digunakan lagi untuk berbagai keperluan. Apalagi botol plastik bekas air mineral sekarang bentuknya unik-unik dan lucu. Namun, banyak juga yang mengatakan bahwa botol bekas air mineral tidak boleh digunakan berulang kali. Benarkah? Nah Belovers, dalam tulisan ini kita akan membahas alasan mengapa botol bekas air mineral tidak boleh digunakan berulang.

Belovers, umumnya botol air mineral terbuat dari plastik, ya kan? Komponen plastik inilah yang kemudian berpotensi mencemari makanan atau minuman yang diwadahinya. Pada dasarnya bahan plastik boleh digunakan untuk wadah makanan dan minuman. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan botol plastik bekas air mineral berpotensi mencemari minuman yang ada di dalamnya. Cemaran dari bahan plastik ini sangat berbahaya, karena bersifat karsinogenik. Yakni dapat menyebabkan terjadinya kanker pada manusia. Inilah alasan utama mengapa botol bekas air mineral tidak boleh digunakan berulang. Namun demikian, menurut Dr. Ir. Sugiyono, M.AppSc. dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor dalam rubrik Konsultasi Pangan Majalah UMMI, penggunaan botol plastik yang wajar masih dianggap aman.

Botol Bekas Air Mineral (http://wartakesehatan.com)

Botol Bekas Air Mineral (http://wartakesehatan.com)

Masih menurut Dr. Ir. Sugiyono, potensi pencemaran dari bahan plastik ini akan meningkat karena disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Makanan dan minuman yang dikemas dalam kondisi panas. Sebab, suhu panas dapat memicu terjadinya reaksi pada bahan plastik yang pada akhirnya berpotensi mencemari minuman yang diwadahinya.
  2. Terpapar sinar ultraviolet (UV) langsung. Seperti halnya suhu panas, paparan sinar ultraviolet langsung juga dikhawatirkan dapat minumbulkan reaksi pada komponen plastil botol bekas air mineral. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menyimpan botol air mineral ditempat yang terbuka atau terpapar oleh sinar matahari langsung. Sebaiknya simpan botol air mineral ditempat yang aman dan terlindung.
  3. Terjadi kerusakan fisik pada kemasan plastik, seperti penyok-penyok, warna memudar, dan lain-lain. Kerusakan fisik pada botol plastik berpotensi menyebabkan komponen plastik terurai dan masuk ke dalam cairan yang diwadahinya. Sebagaimana disebutkan di awal, komponen plastik tidak aman bagi kesehatan karena bersifat karsinogenik.
  4. Pemakaian dan pencucian berulang. Pemakaian dan pencucian berulang juga berpotensi meningkatkan resiko pencemaran bahan plastik pada minuman yang diwadahinya. Sebab, komponen plastik sangat lembut dan mudah sekali rusak karena benturan dan gesekan saat pemakaian atau pencucian. Komponen plastik mungkin saja luntur seiring waktu dan benturan/gesekan selama pemakaian dan pencucian.

Nah, inilah alasannya mengapa botol bekas air mineral tidak boleh digunakan berulang. Kalaupun kita terpaksa menggunakannya untuk wadah air minum, sebaiknya hanya dibatasi beberapa kali saja. Dua atau tiga kali pemakaian, selanjutnya botol tidak digunakan lagi. Agar komponen plastik pada botol tersebut tidak mecemari air minum yang ada di dalamnya.

Selain tidak digunakan berulang, cairan yang disimpan dalam wadah botol plastik ini sebaiknya juga perlu diperhatikan. Hindari juga menyimpan minuman yang terlalu panas. Simpan botol plastik ditempat yang terlindung dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Selanjutnya, botol yang sudah rusak secara fisik sebaiknya tidak digunakan lagi. Jika tetap ingin digunakan, sebaiknya gunakan botol plastik tersebut untuk wadah tanaman atau bahan kerajinan saja.

Nah, sekarang sudah terjawab kan mengapa botol bekas air mineral tidak boleh digunakan berulang? Jika informasi ini bermanfaat, bagikan ke teman-teman yang lain juga ya!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...