Kesehatan / Kecantikan / Melindungi Kulit dari Bahaya Radiasi Sinar Ultraviolet

Melindungi Kulit dari Bahaya Radiasi Sinar Ultraviolet

Bahaya radiasi sinar ultraviolet – Sinar matahari merupakan anugerah terbesar dari Allah swt untuk mahluk hidup di bumi ini. Sinar matahari merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup. Selain itu, sinar matahari juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan tulang. Dalam kaitannya untuk menyehatkan kulit, sinar matahari berperan dalam pembentukan vitamin D dan provitamin D. Vitamin B sangat penting untuk mencegah penyakit polio.

Sumber Gambar: elisakaramoy.com

Sumber Gambar: elisakaramoy.com

Begitu pentingnya peranan sinar matahari bagi makhluk hidup, sehingga mustahil kita bisa hidup tanpa sinar matahari. Namun demikian, di sisi lain ternyata sinar matahari juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehata. Mengapa bisa demikian? Perlu diketahui berdasarkan panjang gelombangnya sinar matahari terdiri dari beberapa jenis sinar, salah satunya yaitu sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet merupakan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang paling pendek, namun memiliki energi dan daya rusak yang sangat besar.

Bahaya Radiasi Sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet (UV) sendiri berdasarkan panjang gelombangnya dibedakan menjadi tiga, yaitu;

  1. Sinar UV-A dengan panjang gelombang 3200-3800 A
  2. Sinar UV-B dengan panjang gelombang 2900-3200 A
  3. Sinar UV-C dengan panjang gelombang 2000-2900 A

Sinar UV-C merupakan jenis sinar ultraviolet yang memiliki daya rusak paling tinggi. Untungnya, jenis sinar UV satu ini jarang atau tidak pernah sampai ke lapisan atmosfer bumi. Karena, sebelum sampai ke atmosfer bumi sinar ini sudah diserap oleh lapisan ozon yang melindungi atmosfer bumi.

Daerah khatulistiwa seperti Indonesia ini merupakan daerah yang berlimpah dengan sinar matahari. Potensial kulit terkena radiasi sinar matahari sangat besar. Terutama pada kisaran pukul 08.00-15.00, merupakan rentang waktu di mana intensitas radiasi sinar UV sedang tinggi-tingginya.

Selanjutnya, apa saja bahaya radiasi sinar ultraviolet bagi  kulit? Radiasi sinar ultraviolet diketahui dapat merusak kulit dan menimbulkan berbagai kelainan pada kulit. Mulai dari efek ringan hingga berat. Beberapa kelainan kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet antara lain; kemerahan, flek hitam, keriput, kekeringan hingga kanker kulit.

Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar Ultraviolet

Nah, bahaya radiasi sinar ultraviolet ternyata sangat serius bukan? Tapi tidak perlu khawatir berlebihan, karena secara alami sebenarnya kulit memiliki kemampuan melindungi dirinya dan jaringan di bawahnya dari bahaya radiasi sinar UV. Adalah pigmen melanin yang secara alami dimiliki oleh jaringan kulit. Pigmen ini ketika terpapar radiasi matahari akan bereaksi secara alami untuk memperbanyak lapisan butiran melanin ke permukaan kulit. Lapisan melanin ini berfungsi memantulkan kembali sinar ultraviolet yang menimpa jaringan kult. Sehingga jaringan kulit terlindungi dari bahaya radiasi sinar UV.

Namun, jika kulit terus menerus terpapar sinar matahari maka akan terjadi reaksi penambahan melanin yang berlebihan pada kulit. Akibatnya, warna kulit akan semakin gelap karena terjadi penumpukan pigmen melanin pada permukaan kulit. Ini tentu saja akan mengurangi kecantikan kulit. Oleh karena tu, kita tetap perlu memberikan perlindungan tambahan pada kulit.

Apa saja bentuk perlindungan tambahan yang bisa kita lakukan untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar ultraviolet? Secara umum bentuk perlindungan tambahan yang bisa dilakukan untk melindungi kulit dari bahaya sinar UV ada dua macam yaitu:

Pertama: perlindungan fisik

Perlindungan fisik maksudnya adalah memberikan perlindungan pada kulit secara fisik. Untuk tujuan ini kita bisa menggunakan berbagai alat pelindung yang bisa menghalangi kulit dari terpaan sinar matahari. Adapun alat pelindung yang biasa digunakan antara lain; topi lebar, payung, baju lengan panjang, celana lengan panjang, dan lainnya.

Kedua: perlindungan kimiawi

Perlindungan kimiawi maksudnya adalah memberikan perlindungan pada kulit dengan menggunakan bahan-bahan kimiawi. Nah, untuk tujuan ini, sekarang banyak ditemukan krim atau kosmetik yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet, seperti sun screen.

Nah sahabat, demikian cara untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Yuuk lindungi kulit dari radiasi UV!

Referensi:

Tranggono. R. I. dan Latifah, F. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

 

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...