Kesehatan / Kecantikan / Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit – Tomat, sepertinya buah satu ini sudah tidak asing lagi. Tomat sering dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, salad ataupun digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan berkuah. Tomat dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam manis dan segar. Kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. cityzendayli

Buah tomat lebih disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk segar, untuk mendapatkan manfaat atau khasiat luar biasa yang terkandung dalam buah tersebut. Anda bisa mengkonsumsi buah tomat dalam bentuk segar. Baik dengan cara dikonsumsi langsung, dibuat jus ataupun salad. Namun demikian, manfaat luar biasa dari buah tomat juga bisa Anda peroleh dari pemakain luar. Seperti penggunaan masker buah tomat pada kulit misalnya. Sebagai masker kulit, buah tomat bisa digunakan sendiri atau dicampur dengan bahan-bahan berkhasiat lainnya.

Buah tomat memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit. Apa saja itu? Berikut dalam artikel ini Blogekstra.com akan berbagi informasi seputar 5 manfaat tomat untuk kecantikan kulit.

Membersihkan Kulit

Buah tomat mengandung zat asam yang bermanfaat untuk melunturkan kelebihan sebum dan kotoran yang menempel pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa menggunakan buah tomat sebagai masker wajah. Cara penggunaannya sangat gampang sekali. Hancurkan satu buah tomat dan satu buah alpukat hingga halus seperti bubur, kemudian campur menjadi satu. Gunakan campuran bubur alpukat dan tomat tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama lebih kurang 20 menit atau hingga masker kering. Setelah dirasa cukup, bersihkan muka dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Terakhir, bilas kulit muka dengan air bersih.

Mengecilkan Pori-pori

Selain beranfaat untuk membersihkan kulit, kandungan zat asam pada tomat juga bermanfaat untuk meringkas pori-pori kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, sisihkan satu sendok makan jus tomat dalam sebuah cawan bersih. Tambahkan dua tetes jus lemon, kemudian aduk hingga tercampur merata.

Celupkan kapas bersih dalam campuran jus tersebut, kemudian oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama lebih kurang sepuluh menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Mengatasi Jerawat dan Noda Hitam Bekas Jerawat

Buah tomat juga dikenal cukup ampuh untuk mengatasi problem kulit berjerawat. Yaitu dengan mengoleskan bubur tomat pada kulit wajah sebagai masker. Diamkan selama lebih kurang tiga puluh menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan masker buah tomat ini setiap hari. Setelah dua minggu lihat hasilnya.

Mengatasi Kulit Berminyak

Kandungan vitamin C dan A, serta asam amino pada buah tomat diketahui bermanfaat untuk mengatasi problem kulit berminyak. Penggunaan masker buah tomat secara rutin selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat juga bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak.

Menyembuhkan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Telalu lama berada di bawah sengatan matahari dapat menyebabkan kulit kering dan terbakar. Permasalahan kulit satu ini bisa diatasi dengan masker tomat dan yoghurt. Caranya cukup mudah. Hancurkan satu buah tomat hingga halus. Tambahkan dengan yoghurt secukupnya, aduk rata. Oleskan campuran yoghurt dan tomat pada kulit wajah sebagai masker wajah. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari hingga luka bakar dan bekasnya berkurang.

Demikianlah 5 manfaat tomat untuk kecantikan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan treatment tersebut secara rutin. Lebih baik lagi jika diikuti dengan mengkonsumsi jus atau buah tomat segar setiap hari. Insya Allah kulit yang sehat dan cantik akan Anda dapatkan. Selamat mencoba!

Sumber Foto: citizendaily

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...