Kesehatan / Herbal / Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan dan Cara Membuat Ramuan Herbalnya

Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan dan Cara Membuat Ramuan Herbalnya

Gambar: kuraku.net

Gambar: kuraku.net

Manfaat Tapak Dara – Tumbuhan tapak dara (Catharanthus roseus) lebih sering dikenal sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini rajin berbunga. Bunga muncul dari ketiak daun bagian atas. Bentuk bunganya yang cantik membuat tanaman ini disenangi untuk mempercantik taman. Berdasarkan warna bunganya, tumbuhan tapak dara dibedakan menjadi dua jenis, yakni Tapak Dara berbunga merah dan Tapak Dara berbunga putih.

Tumbuhan yang diperkirakan berasal dari Amerika Tengah ini merupakan tumbuhan perdu kecil tahunan. Tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 800 meter dpl. Tumbuhan ini umumnya menyukai lahan terbuka, namun bisa juga tumbuh dengan baik di tempat-tempat yang agak terlindungi.

Ciri-ciri Tumbuhan Tapak Dara

Tidak sulit untuk mengenali tumbuhan Tapak Dara. Karena, tumbuhan ini memiliki ciri fisik yang khas dan mudah dikenali. Baik dari batang, daun maupun bunganya. Nah, berikut adalah beberapa ciri morfologi tumbuhan Tapak Dara yang bisa dikenali:

–          Batang

Tumbuhan Tapak Dara memiliki batang yang berbentuk bulat, berkayu, beruas dan bercabang. Batang memiliki diameter berukuran kecil.  Tinggi tanaman biasanya kurang dari satu meter dengan habitus perdu menyamping.

–          Daun

Tapak Dara termasuk tumbuhan berdaun tunggal. Daun berwarna hijau, berbentuk bulat telur dan tersusun menyirip berselingan. Daun ditopang oleh tangkai yang berukuran pendek. Daun sedikit agak tebal dan jika ditusuk atau dilukai akan mengeluarkan cairan bergetah berwarna putih.

–          Bunga

Tapak Dara memiliki bunga yang sangat indah, sehingga sering ditanam sebagai tanaman hias. Bunga keluar dari ketiak daun bagian atas. Kelopak bunga berukuran kecil dan berbentuk paku. Mahkota bunga menyerupai terompet yang ujungnya melebar. Pada permukaannya tumbuh bulu-bulu halus yang hampir tidak kelihatan.

–          Buah dan Biji

Tumbuhan Tapak Dara bisa berkembang biak dengan biji. Biji dihasilkan dari buah yang berbentuk silindris dan muncul menggantung pada batang.

Manfaat Tapak Dara

Seluruh bagian dari tumbuhan Tapak Dara –akar, batang, daun, dan bunga—berkhasiat. Seluruh bagian tumbuhan ini kaya akan zat alkaloid yang bermanfaat untuk pengobatan. Komposisi zat alkaloid yang banyak terkandung dalam tumbuhan Tapak Dara antara lain; vinkristin, vinrosidin, vinblastin, dan vinleurosin.

Kandungan senyawa kimia inilah yang menyebabkan tumbuhan Tapak Dara bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Adapun manfaat tumbuhan Tapak Dara antara lain: mengobati Diabetes Mellitus, hipetensi, asma, bronkhitis, menurunkan demam dan mengatasi radang perut dan disentri.

Cara Membuat Ramuan dari Tapak Dara

Untuk mendapatkan manfaat tumbuhan Tapak Dara bagi kesehatan, kita perlu terlebih dahulu mengolah bagian dari tumbuhan ini menjadi ramuan khusus. Nah, berikut adalah beberapa resep untuk membuat ramuan dari tumbuhan Tapak Dara:

–          Diabetes Mellitus (kencing Manis)

3 lembar daun tapak dara dan 15 kuntum bunga Tapak Dara direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1,5 gelas. Angkat dan saring air rebuskan tersebut. Ramuan siap digunakan. Minum air ramuan ini setiap pagi dan sore hari setelah makan. Lakukan secara rutin hingga gejala diabetes dirasa berkurang.

–          Hipertensi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan ini adalah 15-20 gram daun Tapak Dara kering dan 10 gram bunga krisan. Rebus semua bahan dengan 2,5 gelas air bersih hingga mendidih. Kemudian angkat dan saring. Minum air ramuan ini setiap sore.

–          Asma dan Bronkhitis

1 bongkol akar Tumbuhan Tapak Dara dibersihkan, kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari, setiap pagi dan sore.

–          Demam

Siapkan 1 genggam daun Tapak dara, 3 potong batang Tapak Dara dan Aakarnya. Semua bahan yang sudah dicuci bersih direbus dengan empat gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1,5 gelas saja. Angkat dan saring air rebusan tersebut, kemudian tambahkan potongan gula kelapa, aduk hingga gula larut. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore.

–          Radang Perut dan Disentri

Sebanyak 15-30 gram daun Tapak Dara Kering direbus dengan air sampai mendidih. Setelah mendidih angkat dan saring. Minum air rebusan ini bersama tambahan gula kelapa setiap pagi dan sore.

Demikian informasi tentang manfaat Tapak Dara dan cara membuat ramuan herbalnya. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...