Kesehatan / Herbal / Manfaat Mahkota Dewa

Manfaat Mahkota Dewa

Belovers, kita patut bersyukur hidup di negeri  yang subur ini. Di sini kita menemukan dengan mudah berbagai jenis tanaman obat yang berkhasiat. Salah satu contohnya adalah tanaman mahkota dewa. Belovers pasti tau mahkota dewa bukan? Mahkota dewa  merupakan tanaman asli Irian. Bagian tanaman yang sering digunakan sebagai obat adalah daging buahnya. Daging buah mahkota dewa diketahui mengandung banyak senyawa bermanfaat bagi kesehatan.

Sumber Gambar: www.wikipedia.org

Sumber Gambar: www.wikipedia.org

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa mahkota dewa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

Pertama: Detoksifikasi

Dra. Lucie Widowati dari Puslitbang Farmasi dan Obat Tradisional – Departemen Pertanian menyebutkan bahwa mahkota dewa mengandung alkaloid. Alkoloid merupakan senyawa organik yang berperan sebagai detoksifikasi, menetralkan racun-racun dalam tubuh. Sehingga, dengan mengkonsumsi ramuan mahkota dewa tubuh menjadi sehat dan bersih dari racun-racun berbahaya.

Kedua: Anti Bakteri dan Anti Virus

Mahkota dewa juga diketahui mengandung senyawa organik bernama saponin. Senyawa ini bermanfaat melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Dengan kata lain mahkota dewa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Ketiga: Anti Kanker

Ada beberapa hasil penelitian yang mengungkap manfaat mahkota dewa yang satu ini. Pertama adalah penelitian yang dilakukan oleh Vivi Lisdayati dari Departemen Farmasi, Fakultas MIPA UI. Hasil penelitian Vivi menyebutkan bahwa mahkota dewa terbukti mampu menghambat pertumbuhan kanker darah putih. Kedua adalah Penelitian yang dilakukan oleh Sumastuti dari Fakultas Kedokteran UGM. Sumastuti melaporkan bahwa ekstrak air buah mahkota dewa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker rahim. Penelitian tentang manfaat  ekstrak daging buah mahkota dewa ini terus dilakukan oleh para akademisi untuk mengetahui rahasia dibalik daging buah mahkota dewa.

Keempat: Anti Radang

Selain mengandung alkaloid dan saponin, daging buah mahkota dewa juga mengandung flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa organik yang memiliki indikasi antiperadangan.

Kelima: Manfaat Lain-lain

Masih banyak manfaat mahkota dewa yang lainnya, baik yang diungkap melalui hasil penelitian maupun yang dipercaya secara turun temurun di tengah-tengah masyarakat. Seperti menurunkan kadar gula darah, mengurangi penggumpalan darah, mengatasi penyakit kulit, mengobati hepatitis, menurunkan kadar asam urat dan lain sebagainya.

Demikian beberapa manfaat mahkota dewa bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...