Kesehatan / Herbal / Manfaat Cabai

Manfaat Cabai

Belovers, apakah Anda penggemar cabai? Tahukah Anda, ternyata cabai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Cabai bukan hanya sekedar buah yang memiliki rasa pedas, akan tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Cabai diketahui mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral bermanfaat. Nah, Anda ingin tau apa saja manfaat cabai bagi kesehatan? Yuk simak informasi berikut!

Sumber Gambar: www.infomanfaat.com

Sumber Gambar: www.infomanfaat.com

Sumber Energi

Si pedas ini ternyata tidak hanya menghasilkan sensasi pedas pada lidah, tapi juga mennsuplay energi bagi tubuh. Karbohidrat, lemak dan protein adalah tiga jenis nutrisi yang berpotensi menghasilkan energi dalam tubuh. Setiap 100 gram cabai yang dikonsumsi, jika dikalkulasi mampu mensuplay energi hingga 318 kkal.

Penghangat Suhu Tubuh

Bagaimana suhu tubuh Anda saat atau setelah mengkonsumsi cabe? Mungkin Anda merasakan suhu tubuh Anda terasa lebih panas dan berkeringat. Semakin banyak mengkonsumsi cabe, tubuh Anda terasa semakin panas. Mengapa bisa demikian?

Secara umum ada dua hal yang menyebabkan suhu tubuh menjadi panas setelah mengkonsumsi cabai:

Pertama, unsur pedas yang dikandung oleh cabe adalah faktor pertama yang berpotensi menghangatkan tubuh. Unsur pedas pada cabe adalah minyak atsiri yang dikeluarkan oleh empulur cabai. Minyak atsiri ini ketika menempel pada lidah akan merangsang syaraf perasa yang kemudian diterjemahkan oleh otak sebagai rasa pedas. Ransangan rasa pedas inilah yang kemudian menaikkan suhu tubuh, sehingga tubuh terasa lebih hangat. Semakin banyak cabai yang dikonsumsi, suhu tubuh akan semakin tinggi dan keringat akan mengucur deras. Kedua, selain rasa pedas,  lemak yang dikandung oleh cabe juga berpotensi menghangatkan tubuh. Karena, lemak merupakan salah satu unsur nutrisi penghasil energi terbesar. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena lemak cabai tidak menyebabkan kolesterol.

Antioksidan

Kabar gembira lain bagi penggemar cabai adalah ternyata cabai yang Anda konsumsi juga bermanfaat mensuplai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan adalah unsur penting yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah informasi senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah cabai:

–          Asam askorbat (vitamin C)

–          Alfatocoferol (vitamin E)

–          Vitamin K

–          Fitosterol

–          Beta karoten

–          Beta Cryptoxanthin

Penghancur Kolesterol

Fitosterol dikenal juga sebagai kolesterol baik. Selain sebagai antioksidan, fitosterol berperan penting dalam menghancurkan dan mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam pembuluh darah ke jantung.

Nah, belovers banyak sekali kan manfaat cabai bagi kesehatan?

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...