Kesehatan / Mulut & Gigi / Manfaat Air Liur Bagi Kesehatan

Manfaat Air Liur Bagi Kesehatan

Manfaat Air Liur – Air liur atau ludah adalah cairan yang selalu membasahi rongga mulut. Secara ilmiah air liur disebut juga dengan istilah saliva. Dalam mulut air ludah dihasilkan oleh tiga kelenjar ludah yaitu; 1) kelenjar parotis, 2) kelenjar submandibula, dan 3) kelenjar sublingual. Setiap hari kelenjar ludah memproduksi air liur dalam jumlah yang bervariasi. Tergantung pada tingkat ransangan dari mulut. Rata-rata jumlah produksi air ludah per hari adalah antara setengah liter hingga satu setengah liter.

Sumber Gambar: www.medicastore.com

Sumber Gambar: www.medicastore.com

Setiap ciptaan Tuhan itu pasti ada manfaatnya, termasuk air liur. Tahukan Anda tenyata air ludah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam tulisan ini kita akan mengungkap lima manfaat air liur bagi kesehatan, yaitu:

Membantu Proses Pencernaan Makanan di Mulut

Keberadaan air liur dalam rongga mulut sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan makanan. Sebagaimana dimaklumi, bahan makanan yang dikonsumsi pertama kali dicerna dalam rongga mulut. Dalam rongga mulut, makanan dicerna secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan secara mekanik dilakukan oleh gigi dengan cara menghancurkan makanan melalui proses menggigit, merobek, memotong dan mengunyah. Dengan adanya air liur, proses penghancuran makanan dalam mulut menjadi lebih cepat. Karena air liur mengandung enzim ptialin yang berfungsi mencerna makanan secara kimiawi. Ptialin merupakan enzim yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi zat gula.

Membantu Sistem Pertahanan Tubuh

Selain enzim ptialin, air liur juga mengandung antibodi. Antibodi bermanfaat untuk menangkal masuknya organisme penyebab penyakit ke dalam tubuh. Karena, antibodi yang terkandung dalam tubuh mampu menghancurkan bakteri yang masuk dalam rongga mulut.

Menjaga Kebersihan Mulut

Adanya air liur dalam rongga mulut bermanfaat menjaga agar mulut tetap bersih. Mengapa? Karena, dengan adanya air liur bahan makanan yang dikunyah menjadi tidak lengket pada gigi dan lidah. Sehingga rongga mulut tetap bersih.

Menguatkan Gigi

Air liur juga mengandung aneka mineral yang baik untuk kesehatan dan kekuatan gigi. Beberapa mineral yang terkandung dalam air liur antara lain flour, fosfor dan kalsium. Ketiga minirel ini berfungsi untuk melindungi permukaan email gigi.

Mengobati Luka

Informasi menarik lainnya adalah ternyata air liur juga bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka. Mungkin Anda sering melihat, atau bahkan Anda sendiri pernah melakukan menghisap jari yang terluka kecil degan mulut. Tujuan menghisap luka itu tidak lain adalah untuk membasahi luka dengan airr liur.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa air liur mengandung suatu zat yang bernama histalin. Histalin adalah protein kecil dalam air liur yang dapat membunuh bakteri sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka. Itulah mengapa, luka bekas pencabutan gigi sembuh lebih cepat dari pada luka pada kulit dan tulang.

Demikian sekilas informasi tentang 5 manfaat air liur bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...