Kesehatan / Ibu dan Anak / Kandungan Gizi dan Senyawa Penting dalam ASI yang Perlu Anda Ketahui

Kandungan Gizi dan Senyawa Penting dalam ASI yang Perlu Anda Ketahui

Kandungan gizi dan senyawa penting dalam ASI – Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan sekaligus minuman utama bagi bayi. ASI merupakan anugerah terbesar yang hadir bagi sang bayi dan ibu. ASI hanya mengalir setelah seorang Ibu melahirkan dan kembali berhenti ketika sang bayi disapih. Ini merupakan salah satu bukti bahwa ASI merupakan anugerah yang mahal dan langka bagi sang bayi dan Ibu.

Gambar: sygmadayainsani.co.id

Gambar: sygmadayainsani.co.id

Berbagai penelitian modern belakangan ini terus menemukan bebagai fakta yang membuktikan keistimewaan ASI sebagai sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Penelitian-penelitian itu menunjukkan bahwa ASI bukan sekedar makanan yang memberikan efek kenyang bagi bayi. Akan tetapi lebih dari itu, ASI adalah sumber nutrisi, antibodi,dan berbagai senyawa yang bermanfaat bagi pertumbuhan bayi. Selain itu, aktivitas menyusui sendiri juga terbukti memberikan manfaat positif baik bagi ibu maupun bayi.

Dari aspek gizi tidak diragukan lagi bahwa ASI memiliki kandungan gizi yang lengkap, bersih, aman dan paling tepat bagi pertumbuhan bayi. Dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG, dalam sebuah seminar ASI eksklusif mengatakan bahwa ASI merupakan investasi terbesar bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Dalam ASI terkandung zat-zat gizi yang sangat diperlukan oleh pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ada baiknya kita mengenal beberapa kandungan gizi dan senyawa bermanfaat yang terdapat dalam ASI. Berikut adalah beberapa zat gizi dan senyawa bermanfaat yang terdapat dalam ASI:

Kolostrum

Kolostrum adalah cairan yang pertama kali keluar dari p4yu-d4-ra ibu setelah melahirkan, berwarna kekuningan dan lebih kental. Beberapa hari kemudian barulah keluar susu dewasa atau ‘mature milk’ yang berwarna lebih putih dan cair. Komposisi kolostrum berbeda jauh dengan susu dewasa (mature milk). Kolostrum mengandung protein lebih tinggi dari pada mature milk. Sementara mature milk memiliki kandungan laktosa yang lebih tinggi.

Kolostrum mengandung vitamin A dan antibodi yang baik bagi imunitas tubuh bayi terhadap serangan penyakit. Kolostrum juga mengandung sel darah putih, pencahar dan faktor pertumbuhan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kolostrum merupakan senyawa yang sangat penting untuk menciptakan imunitas terhadap serangan penyakit dan alergi, menyempurnakan fungsi usus dan mencegah terjadinya sakit mata. Dan uniknya kolostrum hanya terdapat pada ASI, tidak bisa ditemukan pada makanan lainnya.

Protein

Dr. IGA Pratiwi, Sp.A, spesialis anak RS Bunda Jakarta mengatakan bahwa protein ASI lebih mudah dicerna oleh bayi dari pada protein susu sapi. Karena rasio antara whey (jenis protein pada susu) dan kasein pada ASI paling sesuai dengan kebutuhan pencernaan bayi. Pada ASI rasio whey dan kasein adalah 65:35, sementara pada susu sapi 20:80. Komposisi whey yang lebih tinggi dari pada kasein menyebabkan protein ASI lebih mudah dicerna oleh pencernaan bayi dari pada protein susu sapi.

 Vitamin dan Mineral

ASI juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi, seperti vitamin A dan C. Kadar vitamin C pada ASI jauh lebih tinggi dari pada vitamin A. Selain itu kandungan vitamin A dan C ASI juga jauh lebih unggul dari pada yang terdapat pada susu sapi.

Selain itu, ASI juga mengandung zat besi yang mudah diserap oleh pencernaan bayi. Lebih dari 50% zat besi yang masuk bersama ASI akan terserap dengan baik. Sementara zat besi pada susu sapi hanya 10% yang mampu diserap oleh pencernaan bayi.

Taurin

Taurin merupakan senyawa asam amino yang berperan penting dalam proses pematangan sel otak  pada bayi. Karena dalam tubuh taurin berfungsi sebagai neurotransmitter atau mengaktifkan hubungan antara neuron-neuron otak. Beberapa hasil penelitian terhadap binatang menunjukkan bahwa defisiensi taurin dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada retina mata.

DHA dan AA

Decosahexoid Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA) adalah senyawa asam lemak tak jenuh berantai panjang yang sangat penting dalam pembentukan sel-sel otak yang optimal. DHA dan AA merupakan senyawa yang dibentuk oleh dua substansi pembentuk utama yaitu omega 3 (asam linolenat) dan omega 6 (assam linoleat). Asupan DHA dan AA yang cukup sangat berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan kecerdasan anak. Uniknya, kandungan DHA dan AA dalam ASI sudah mencukupi untuk menjamin pertumbuhan dan kecerdasan bayi.

Ini adalah beberapa kandungan gizi dan senyawa penting dalam ASI. Di samping komponen yang sudah disebutkan di atas, sesungguhnya ASI masih mengandung berbagai zat gizi dan senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi dalam menunjang pertumbuhannya.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. betul betapa berharga dan penting’y asi,alhamdulillah baru selesai menyapih,kmrn anakku sampe 1 thn 8 bulan asi,salam hangat…:)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...