Kesehatan / Kanker / Jenis-jenis Kanker Kulit

Jenis-jenis Kanker Kulit

Pada dua artikel sebelumnya kita sudah mengetahui penyebab kanker kulit, demikian juga dengan ciri-ciri kanker kulit dan cara mengatasinya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis kanker kulit.

Masih menurut dr. Dewi Inong Irana, SpKK dalam tulisannya pada rubrik Konsultasi Kecantikan Majalah UMMI, kanker kulit ganas kanker kulit acemaxsnaturedotcommenjadi 3 jenis, yaitu:

Karsinoma Sel Basal (KSB)

Istilah medisnya adalah Basal Cell Carsinoma (BCC) atau disebut juga dengan basalioma. Jenis kanker kulit ini adalah yang paling banyak diderita oleh manusia. Jenis kanker ini juga paling banyak ditemukan di Indonesia. KSB termasuk jenis kanker kulit yang tidak menyebar dan tidak menyebabkan kematian. Namun, akibat serangannya jaringan kulit dan organ tubuh yang terserang bisa rusak dan menyebabkan timbulnya koreng yang tak sembuh-sembuh. Bahkan, pada tingkat serangan yang lebih parah, KSB bisa menggerogoti dan merusak tulang.

Adapun gejala serangan KSB yang mungkin terjadi antara lain:

  • ¬†Awalnya merupakan benjolan coklat menyerupai jerawat.
  • Bagian pinggir benjolan tampak lebih menonjol dan berwarna keperakan.
  • Lama kelamaan benjolan berkembang semakin lebar menyerupai koreng yang tidak kunjung sembuh.

Kanker jenis ini sering disangka penyakit koreng oleh masyarakat bahkan tenaga medis sendiri. Akibatnya pasien sering mendapatkan penanganan yang tidak tepat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentanng kanker kulit jenis ini.

Karsinoma Sel Skuamosa (KSS)

Kasus kanker kulit jenis KSS ini jarang ditemukan di Indonesia. Kanker kulit jenis ini juga tergolong berbahaya, karena kerusakan yang ditimbulkannya bisa menyebar ke organ lain dan berpotensi menyebabkan kematian. Gejala KSS biasanya terjadi pada bagian area kulit yang sering terpapar sinar matahari dan ataupun bersentuhan langsung dengan bahan kimia berbahaya.

Adapun gejala serangan kanker kulit KSS, antara lain:

  • Gejala awal tampak seperti benjolan keras kemerahan pada kulit dan bersisik.
  • Benjolan sebagian muncul di atas bercak ketuaan.
  • Benjolan makin lama ukurannya semakin membesar dan meluas.
  • Terkadang terasa gatal, mudah berdarah dan pada taraf lanjut bisa menjadi koreng yang tak sembuh-sembuh.

Kanker jenis ini bisa disembuhkan, asal upaya penanganan penyakit dilakukan sedini mungkin. Penyembuhan bisa dilakukan dengan cara pembedahan. Jika dilakukan saat awal pertumbuhan, penyakit kanker kulit ini bisa sembuh sempurna.

Melanoma

Ini adalah jenis kanker kulit paling ganas. Bisa menyebar dengan cepat ke organ tubuh yang lain dan berpotensi menyebabkan kematian. Di Amerika kanker kulit melanoma termasuk salah satu penyebab kematian terbesar. Melanoma awalnya berbentuk tahi lalat yang kemudian ukuran membesar dan warna dan teksturnya juga berubah menjadi tidak rata. Daerah serangan juga akan terasa gatal, mudah berdarah dan menjadi koreng yang tak kunjung sembuh. Upaya penyembuhan bisa dilakukan dengan pembedahan. Jika penanganan dilakukan sedini mungkin, melanoma bisa disembuhkan secara total.

Demikian informasi tentang jenis-jenis kanker kulit, semoga bermanfaat! Baca juga artikel tentang Penyebab Kanker Kulit dan Ciri-Ciri Kanker Kulit dan Cara Mengatasinya pada tulisan sebelumnya.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...