Kesehatan / Lain-lain / Inilah Penyebab Mabuk Kendaraan

Inilah Penyebab Mabuk Kendaraan

BE lover, bagaimana perjalanan libur lebaran Anda? Semoga menyenangkan dan jauh dari gangguan mabuk ya…! Yups… mabuk kendaraan saat menempuh perjalanan panjang liburan lebaran adalah kondisi yang tidak menyenangkan. Perjalanan menjadi siksaan berat yang membuat perjalanan terasa semakin jauh. Nah, BE lover apa sih penyebab mabuk kendaraan? Anda tentu pengen tahu bukan? Berikut adalah beberapa penyebab mengapa orang bisa mengalami mabuk saat berada dalam kendaraan yang sedang melaju.

Terjadinya Kekacauan Sistem Koordinasi Syaraf Pusat

Ketika berada dalam kendaraan yang sedang melaju, terjadi pengirimiman pesan yang saling bertolak belakang antara pesan yang disampaikan oleh mata ke otak dengan pesan yang disampaikan oleh pusat keseimbangan tubuh (telinga bagian dalam) ke otak. Akibatnya, terjadi kekacaua informasi di sisem syaraf pusat (otak). Sehingga, saat berada dalam kendaraan Anda sering merasa pusing yang pada akhirnya berlanjut menjadi mual dan muntah.

Bau-bau yang Tajam

Bau-bau tajam dalam kendaraan bisa memicu timbulnya rasa mual. Bau-bau tajam tersebut misalnya bau rokok, parfum, pengharum kendaraan, bau durian dan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari bau-bau tajam tersebut saat berada dalam kendaraan.

Meningkatnya Konsentrasi Udara Tidak Sehat dalam Kendaraan

Sirkulasi udara dalam kendaraan yang sedang melaju terkadang kurang bagus. Seringkali, kadar oksigen menurun, sementara konsentrasi karbon dioksida cenderung meningkat dalam kabin kendaraan yang sedang melaju. Oleh karena itu, jika kendaraan tidak menggunakan AC, sebaiknya kaca jendela mobil dibiarkan sedikit terbuka. Agar sirkulasi udara lancar.

Goncangan Kendaraan

Goncangan yang terlalu kuat dalam kendaraan bisa membuat perut terasa mual. Jadi jangan heran, saat melewati jalan yang tidak rata, penuh tikungan ataupun mobil dijalankan oleh sopir yang ugal-ugalan terkadang Anda cenderung lebih mudah mengalami mabuk kendaraan.

Inilah penyebab mabuk kendaraan yang terjadi. Selain itu mabuk dalam kendaraan juga bisa terjadi karena kondisi tubuh yang sedang tidak fit. Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat dan bugar saat melakukan perjalanan jauh terutama jika menggunakan kendaraan umum. Ok, semoga perjalanan libur lebaran Anda menyenangkan.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...