Kesehatan / Informasi / Inilah Kandungan Nutrisi dalam 1 Gram Madu

Inilah Kandungan Nutrisi dalam 1 Gram Madu

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengapa madu sangat berkhasiat ada baiknya membaca tulisan ini. Sebab, khasiat madu sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi penting yang banyak terdapat dalam madu. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dalam 1 gram madu sangatlah beragam. Satu gram madu diketahui mengandung energi sebesar 294 kalori dan lebih dari 70 macam zat nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Nah, dalam artikel singkat ini kita akan membahas beberapa macam zat atau nutrisi yang terkandung dalam 1 gram madu.

Close up imege of fresh honey

Close up imege of fresh honey

Gula Alami

Anda pasti sepakat bahwa madu memiliki rasa manis yang alami. Hal ini terjadi karena madu kaya akan kandungan zat-zat gula alami. Hingga sekarang telah ditemukan lebih dari 15 zat gula alami di dalamnya. Namun dari semua itu, zat gula alami yang paling utama adalah:

  • 40% fruktosa (monosakarida)
  • 30% glukosa (monosakarida)
  • 4 % sukrosa (disakarida.

Enzym

Enzym memegang peranan vital dalam proses metabolisme tubuh, termasuk proses pencernaan. Zat makanan dalam saluran cerna selain dicerna secara mekanik juga dicerna secara kimiawi. Yakni dengan bantuan enzym-enzym pencernaan. Adapun kandungan enzym yang terdapat dalam madu antara lain; enzym amilase, enzym interfase, enzym peroxidase, enzym catalase, enzym lipase, enzym inulase dan lain-lain.

Vitamin

Tidak hanya itu, madu juga kaya akan vitamin-vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa vitamin yang terdapat dalam madu antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, beberapa biotin, vitamin K dan vitamin E.

Logam dan Mineral Alami

Selain vitamin, tubuh juga membutuhkan mineral-mineral organik. Dan madu diketahui kaya akan zat-zat logam dan mineral organik tersebut. Beberapa jenis logam dan mineral organik yang terdapat dalam madu antara lain Kalsium, Potassium, Sodium, Fosfor, Kirbit, Mangaan, Silikat dan lain-lain.

Zat-zat Aromatis

Selain itu madu juga mengandung zat-zat aromatis yang berkhasiat, diantaranya Terpen, Ester Aldehida, Manitol, Maltosa, Malizitosa.

Asam-asam dan Zat Alami Lainnya

Madu juga diketahui mengandung biostimulator, aroma yang khas dan sedap, zat warna alami (seperti caroteen, anthophyl, chlorophyl, protein) dan juga asam-asam alami yang diperlukan oleh tubuh seperti asam formiat, asam asetat, asam maleat, asam citrat, asam succinat, adan asam-asamamino.

Dari informasi di atas terlihat bahwa kandungan nutrisi salam 1 gram madu sangat beragam dan lengkap. Madu memiliki kandungan energi yang tinggi dan kandungan zat utama yang banyak. Jadi, dari sini bisa dipahami mengapa madu sangat berkhasiat bagi kesehatan dan pengobatan manusia.

Demikian lengkapnya kandungan nutrisi dalam 1 gram madu. Seharusnya hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi kita yang hidup di negara tropis ini untuk hidup sehat dengan madu. Di mana, di bumi nusantara ini kaya akan hutan, rimba dan perkebunan yang menjadi habitat yang nyaman bagi lebah sebagai serangga penghasil madu asli. Karenanya, yuk mengkonsumsi madu asli untuk kualitas hidup yang lebih sehat dan bugar.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...