Kesehatan / Informasi / Inilah Derita Si Perokok Pasif

Inilah Derita Si Perokok Pasif

Belovers, tahukah Anda tidak merokok bukan berarti Anda terbebas dari bahaya rokok. Lho kok bisa? Ya karena asap rokok bisa terhirup dari lingkungan. Terutama bagi Anda yang intens berhubungan dengan para perokok aktif. Jadi, berada di sekitar orang yang sedang merokok, mau tidak mau paru-paru Anda ikut menghisap asap rokok mereka. Anda adalah perokok pasif yang menghisap sebagian besar asap rokok yang mereka hembuskan. Dengan demikian bahaya yang mengancam para perokok aktif juga mengancam diri Anda.

Sumber Gambar: www.hencozs.blogspot.com

Sumber Gambar: www.hencozs.blogspot.com

Banyak artikel dan sumber informasi  lain yang menyebutkan bahwa para perokok pasif jauh lebih berisiko besar terserang berbagai penyakit berbahaya. Mengapa demikian? Karena sebagian besar asap rokok yang dihasilkan dari proses pembakaran rokok dihisap oleh perokok pasif. Hampir 70% dari asap rokok tersebut dihisap oleh perokok pasaf. Sementara 10% dari asap rokok tersebut tertahan di filter rokok dan sisanya terhisap oleh perokok aktifnya.

Jadi, bahaya yang mengancam perokok pasif jauh lebih besar. Apalagi jika perokok pasif tersebut selalu berada di sekitar perokok aktif. Seperti anggota keluarga, rekan kerja atau sahabat si perokok aktif. Mereka adalah perokok pasif yang beresiko besar terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh asap rokok.

Perokok pasif menghirup asap rokok yang keluar dari ujung rokok (asap samping). Asap samping ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena asap ini mengandung gas beracun  seperti karbon monoksida (CO). Jika gas CO terhirup oleh tubuh, maka kemampuan tubuh menyerap oksigen akan menurun. Sehingga konsentrasi oksigen yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dan jantung menurun dalam tubuh. Akibatnya, para perokok pasif sangat beresiko terserang penyakit jantung dan paru-paru. Bahkan, resiko terserang kanker paru-paru dan penyakit jantung pada perokok pasif diketahui lebih 20-30% lebih tinggi dari pada perokok aktif.

Belovers, bahaya yang mengancam perokok pasif tidak itu saja.  Bagi perokok pasif yang sedang hamil, asap rokok sangat berisiko bagi kesehatan janin dan menyebabkan masalah pada proses kelahiran. Selain itu, perokok pasif juga beresiko terserang bronkitis dan infeksi saluran pernafasan.

Nah belovers, begitu besarnya derita perokok pasif. Bagi Anda perokok berat, jika tidak sayang dengan kesehatan sendiri cobalah hargai keselamatan orang lain. Asap rokok yang Anda ciptakan bisa meracuni bahkan membunuh orang-orang terdekat Anda. So, jauhilah rokok atau menjauhlah saat merokok. Agar, jangan terlalu banyak jiwa yang terzolimi karena rokok Anda!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...