Kesehatan / Informasi / Inilah 5 Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Inilah 5 Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Penyebab bau badan tidak sedap – Bau badan adalah aroma khas yang muncul dan tercium dari tubuh seseorang. Setiap orang pasti memiliki bau tubuh yang khas. Bau alami badan manusia memang cenderung tidak sedap, terutama saat tubuh kita berkeringat cukup banyak. Bau badan tidak sedap ini sebebnarnya bukan disebabkan oleh keringat. Melainkan akibat aktivitas jamur dan bakteri dalam mengurai keringat mengeluarkan senyawa kimia yang menyebarkan bau tidak sedap tersebut.

Bau badan dalam kadar yang normal sebenarnya tidak masalah dan tidak mengganggu. Namun, ketika kadarnya sudah berlebihan, ini baru menimbulkan masalah. Orang-orang yang ada di sekitar kita akan merasa terganggu karenya. Bahkan, kita sendiripun menjadi tidak pede ketika menyadari hal tersebut.

Bau badan tidak sedap yang melebihi ambang normal sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Dalam tulisan ini kita akan mengungkap 5 penyebab bau badan tidak sedap yang penulis kutip dari note Kesehatan Wanita tersebut.

Diet yang Salah

Hati-hati bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Diet yang salah bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau badan tidak sedap. Kurangnya asupan magnesium bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau badan. Selain itu bau badan juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolin, seperti telur, ikan, hati dan kacang-kacangan. Konsumsi kopi, alkohol, makanan pedas tertentu dan makanan berlemak juga bisa memicu timbulnya bau badan tidak sedap.

Stress

Stress memicu kelenjar kering bekerja lebih keras dan aktif. Akibatnya, kelenjar keringat akan mengeluarkan cairan kental yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Zat-zat ini akan mengundang bakteri pengurai untuk menguraikan zat tersebut. Aktivitas penguraian oleh bakteri inilah yang menyebabkan timbulnya bau badan yang tidak sedap. Semakin banyak kelenjar keringat mengeluarkan cairan, maka bau badan akan semakin kuat.

Fluktuasi Hormon

Fluktuasi hormon juga menjadi salah satu pemicu bau badan tidak sedap. Ini umumnya terjadi pada remaja yang memasuki masa puber. Fluktuasi hormon yang ekstrim terjadi pada fase ini.

Getenik

Ternyata bau badan tidak sedap juga bisa diakibatkan oleh kelainan genetik. Mungkin Anda pernah bertemu dengan orang-orang tertentu yang memiliki bau badan yang sangat kuat. Hal ini terjadi karena orang tersebut memiliki kelainan genetik langka. Yang dikenal dengan istilah sindrom bau amis (trimetilaminuria). Sindrom ini menyebabkan si penderita tidak hanya memiliki bau badan tidak sedap, akan tetapi juga bau nafas dan urin yang sangat kuat.

Penyakit

Beberapa jenis penyakit yang diderita juga cenderung menyebabkan bau badan yang sangat kuat. Salah satu contohnya adalah penyakit diabetes.

Nah, inilah lima penyebab bau badan tidak sedap yang sering mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri pada penderitanya. Semoga dengan mengenal penyebab-penyebabnya ini, Anda bisa mengambil tindakan tepat untuk mengatasinya. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang tips untuk mengatasi bau badan secara alami.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...