Kesehatan / Informasi / Inilah 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Inilah 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Apa sih yang dimaksud dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat? Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku kehidupan sehari-hari yang berdampak positif bagi kualitas hidup manusia. Perilaku-perilaku ini sekilas terlihat sebagai kebiasaan kecil, sehingga sering diabaikan. Padahal jika PHBS ini menjadi perilaku keseharian kita, ia akan memberikan dampak besar bagi peningkatan kualitas hidup diri, keluarga dan lingkungan sekitar kita.

Belovers, sebelumnya kita pernah membahas tentang kebiasaan baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Setiap kita pasti punya kebiasaan baik dalam hidupnya. Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan bagian dari kebiasaan baik yang perlu kita kembangkan dalam keseharian kita. Nah, apa saja sih Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tersebut?

Dalam artikel ini kita akan membahas 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang perlu kita tumbuh kembangkan dalam kehidupan sehari-hari.  Tentunya, perilaku hidup bersih dan sehat itu ada banyak. Semua perilaku keseharian yang berpotensi meningkatkan kualitas hidup –khususnya yang berkaitan dengan  kebersihan dan kesehatan—merupakan bagian dari PHBS ini.

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Makanan

Apakah kita mesti mencuci tangan setiap kali mau menyentuh makanan? Sekalipun tangan kita tampah bersih? Jawabannya adalah iya, wajib. Mungkin terkesan ribet  dan sangat merepotkan. Tapi, ya begitulah idealnya. Karena, dengan membiasakan mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, berarti kita sudah melindungi tubuh dari berbagai penyakit pencernaan.

Mengapa demikian? Karena faktanya, tangan yang terlihat bersih belum tentu 100% bebas dari kuman penyebab penyakit. Ada jutaan kuman, seperti telur cacing, virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit lainnya yang bersarang di kulit dan sela-sela kuku. Mungkin saja, kuman-kuman tersebut menempel melalui kontak tangan dengan benda-benda yang kita sentuh atau melalui udara.

Oleh karena itu, mencuci tangan setiap kali akan menyentuh makanan adalah perlu. Mencuci tangan pun tidak sekedar mengguyurkan air bersih pada permukaan tangan. Akan tetapi kita perlu mengikuti langkah-langkah cara mencuci tangan yang benar, yaitu:

  1. Mencuci tangan dengan sabun
  2. Menggosok kedua telapak tangan
  3. Menggosok kedua punggung tangan
  4. Menggosok sela-sela jari
  5. Menggosok kuku-kuku jari tangan
  6. Membilas tangan di bawah air yang mengalir.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Perilaku hidup bersih dan sehat selanjutnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Sebagaimana kita tau, sampah merupakan tempat yang nyaman bagi serangga dan mikroorganisme penyebab penyakit untuk hidup dan berkembang biak. Membiarkan sampah berserakan berarti memberi tempat yang subur bagi bibit-bibit penyakit untuk berkembang biak.

Membuang sampah pada tempatnya adalah langkah kecil yang berdampak besar untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Oleh karena itu, dimanapun dan kapan pun mari kita budayakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Kita bisa memulai perilaku ini dari rumah. Dengan cara menyediakan tempat khusus untuk membuang sampah. Sediakan minimal dua buah tempat pembuangan sampah di rumah. Satu untuk tempat sampah kering dan satu untuk tempat sampah basah.

Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan salah satu perilaku hidup sehat. Mungkin sebagian dari kita sering melewatkan sarapan pagi dengan berbagai alasan, seperti; buru-buru, tidak selera, dan berbagai alasan lainnya. Padahal, sarapan pagi sangat penting untuk mensuply energi dan meningkatkan konsentrasi untuk aktivitas sepanjang pagi hingga siang hari.

Sarapan pagi tidak harus dalam porsi besar. Secukupnya saja untuk memberi suplay energi yang cukup selama beraktivitas hingga siang hari. Anda tidak perlu repot mempersiapkan sarapan layaknya makan besar. Beberapa lembar roti tawar ataupun seporsi potongan buah sebenarnya sudah cukup untuk sarapan sehat di pagi hari.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur merupakan perilaku hidup sehat yang sering diabaikan. Banyak alasan mengapa orang meninggalkan olahraga. Seperti sibuk atau memang tidak biasa dengan aktivitas satu ini. Oleh karena itu, mulai saat ini yuk kita budayakan olahraga secara teratur. Alokasikan waktu minimal 15 menit sehari untuk berolahraga.

Mandi Minimal Dua Kali Sehari

Mandi merupakan salah satu cara kita untuk membersihkan tubuh dari keringat, dan kotoran yang menempel padanya. Mandi mungkin sudah menjadi aktivitas rutin kita setiap hari. Tubuh terasa tidak nyaman jika lebih dari dua belas jam tidak dibersihkan. Karena, keringat yang keluar dari pori-pori tubuh mengundang bakteri beraktivitas untuk menguraikan zat-zat makanan yang terkandung dalam cairan keringat tersebut. Aktivitas bakteri inilah yang kemudian menyebabkan munculnya bau badan tidak sedap dari tubuh.

Memberantas Jentik-Jentik Nyamuk Secara Berkala

Kebersihan lingkungan sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh kita. Jika lingkungan bersih dan sehat, insya Allah kesehatan tubuh juga akan relatif terjaga dari serangan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan. Oleh karena itu, salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang perlu diterapkan dalam keseharian kita adalah memberantas jentik-jentik nyamuk secara berkala.

Bagaimana cara memberantas jentik-jentik nyamuk? Upaya pemberantasan jentik-jentik nyamuk bisa dilakukan dengan beberapa tindakan berikut:

  1. Menguras bak penampungan air minimal satu kali seminggu.
  2. Menutup lobang-lobang yang dapat menciptakan genangan air.
  3. Menimbun botol-botol dan kaleng bekas.
  4. Menjaga kebersihan lingkungan rumah, tidak membiarkan pakaian kotor menumpuk dan menggantung dalam kamar, dan lainnya.
  5. Memelihara jenis ikan tertentu yang memakan jentik-jentik nyamuk.

Tidak Merokok

Merokok merupakan salah satu perilaku buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dalampromkesbanglidotcom beberapa artikel sebelumnya, blogekstra.com sudah membahas tentang bahaya rokok baik bagi perokok aktif maupun pasif. Oleh karena itu, bagi Belovers yang saat ini berstatus sebagai prokok aktif, maka mulai saat ini segeralah melepaskan status tersebut. Karena dengan berhenti merokok berarti Anda sudah menyelamatkan keselamatan diri sendiri dan orang-orang lain yang Anda cintai.

Mengkonsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Perilaku Hidup Sehat yang tidak kalah pentingnya adalah mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Buah dan sayur sanat baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan menyerap kolesterol dalam darah.

Memberikan ASI Ekslusif pada Bayi

ASI merupakan bahan makanan yang paling tepat dan terbaik bagi bayi. ASI mengandung nutrisi lengkap yang sesuai untuk pertumbuhan bayi. Memberikan ASI ekslusif pada bayi selama enam bulan sangat disarankan. Agar kebutuhan bayi terpenuhi sesuai dengan masa pertumbuhannya.

Menyikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Gigi sebagai organ pencernaan dalam rongga mulut selalu bersentuhan dengan zat-zat makanan. Tidak sedikit sisa-sisa makanan tersebut menempel di sela-sela gigi. Jika tidak segera dibersihkan, hal tersebut akan mengundang aktivitas bakteri pengurai. Aktivitas bakteri ini menghasilkan zat asam yang berpotensi merusak gigi. Oleh karena itu, gigi perlu dibersihkan secara berkala. Agar dampak buruk yang ditimbulkan oleh aktivitas bakteri tersebut tidak terjadi.

Demikian informasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga bermanfaat!

Sumber foto: promkesbangli.wordpress.com

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. Foto Profil dari Abdul Cholik

    Kebiasaan baik, ucapan maupun tingkah laku seyogyanya menjadi budaya ya Jeng.
    Terima kasih tipsnya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Surabaya

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...