Kesehatan / Informasi / Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan

Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan

Gaya hidup berpengaruh langsung terhadap kesehatan tubuh. Gaya hidup sehat akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh. Sebaliknya, gaya hidup tidak sehat akan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Nah, konsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu contoh gaya hidup tidak sehat yang merusak tubuh. Banyak dampak negatif mengkonsumsi minuman beralkohol bagi kesehatan yang perlu diwaspadai. Sumber Gambar: www.swaragamajogja.com

Sumber Gambar: www.swaragamajogja.com

Belovers, dalam tulisan ini kita akan mengulas 5 dampak negatif mengkonsumsi minuman beralkohol bagi kesehatan tubuh, yaitu:

Mengacaukan Distribusi Zat Gula dalam Tubuh

Gula merupakan sumber energi utama bagi setiap jaringan dalam tubuh. Gula dalam tubuh berasal dari dua sumber. Pertama diproduksi sendiri oleh tubuh dalam organ hati dan kedua disuplay oleh makanan yang dikonsumsi. Zat gula (glukosa) dalam tubuh di alirkan ke seluruh jaringan tubuh, khususnya jaringan otak.

Glukosa sangat penting artinya bagi tubuh, terutama untuk keseimbangan otak. Jika distribusi zat gula ini terganggu, maka akan menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan tubuh. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa mengganggu distribusi glukosa ke otak. Jika distribusi glukosa terganggu, maka glukosa akan menumpuk pada bagian organ tubuh tertentu. Hal ini akan menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan Gairah Seksual

Minuman beralkohol mengandung banyak zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Karenanya, konsumsi minuman beralkohol tergolong sebagai kebiasaan tidak sehat. Minuman beralkohol diketahui berpotensi menurunkan gairah seksual dan meningkatkan resiko impotensi pada peminumnya.

Merusak Syaraf

Minuman beralkohol mengandung zat aditif yang bisa menyebabkan pengkonsumsinya kecanduan.  Jika sudah kecanduan, ia akan ingin mengkonsumsi lagi dan lagi. Akibatnya ia akan terus menerus dan bergantung pada minuman beralkohol. Inilah yang pada jangka panjang berpotensi menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh, seperti kerusakan pada organ-organ penting tubuh, khususnya organ otak.

Menyebabkan Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu dampak negatif yang perlu diwaspadai. Dalam jangka panjang konsumsi minuman beralkohol beresiko menyebabkan timbulnya penyakit jantung. Seperti meningkatkan detak jantung, merusak sel-sel jantung dan melemahkan kerja organ jantung.

Meningkatkan Kadar Asam Urat

 Efek negatif konsumsi minuman beralkohol adalah dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Konsumsi minuman beralkohol dapat memicu peningkatan kadar asam laktat dalam tubuh. Keberadaan asam laktat dalam tubuh dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Jika pengeluaran asam urat terhambat, maka kadar asam urat dalam tubuh akan terus menumpuk. Lama kelamaan kadar asam urat dalam jaringan tubuh akan semakin tinggi. Oleh karena itu, pecandu minuman beralkohol cenderung lebih berisiko terserang asam urat dari pada orang yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Demikian lima dampak negatif konsumsi minuman beralkohol bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. ngeri juga ya dampaknya,makasih sharingnya :)

  2. sudah banyak sekarang korban tapi masih aj tetep banyak yang konsumsi miras,
    kalau syaraf udah kena apakah masi bisa untuk disembuhkan??
    terima kasih artikelnya sangat membantu

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...