Kesehatan / Kanker / Ciri-ciri Kanker Kulit dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri Kanker Kulit dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri Kanker Kulit – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang penyebab kanker kulit. Baik sebelumnya mari kita lihat kembali apa yang dimaksud dengan kanker kulit? Kanker kulit adalah jenis tumor ganas yang terjadi pada jaringan kulit. Kanker kulit merupakan jenis penyakit degenaratif yang dapat merusak jaringan kulit hingga organ tubuh yang terserang. Pada tingkat yang lebih parah pen

Sumber Gambar: www.poskotanews.com

Sumber Gambar: www.poskotanews.com

yakit ini berpotensi menyebabkan kematian.

Ciri-ciri Kanker Kulit

Mengingat besarnya bahaya kanker kulit ini, kita semua tentu perlu mewaspadai gejala penyakit ini. Salah satunya yaitu dengan perlu mengetahui ciri-ciri penyakit kanker kulit. Ciri awal kanker kulit adalah timbulnya bercak hitam seperti tahi lalat pada kulit. Namun, tidak semua bercak hitam adalah kanker kulit. Adapun bercak hitam atau tahi lalat yang perlu dicurigai sebagai kanker kulit adalah apabila diikuti dengan gejala-gejala sebagai berikut:

–          Diikuti dengan rasa gatal dan nyeri.

–          Seiring waktu warna bercak (tahi lalat) mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap, lebih pucat ataupun makin terang.

–          Ukuran tahi lalat biasanya seiring waktu semakin membesar, karena sel-sel kanker terus tumbuh dengan cepat mendesak sel-sel normal.

–          Pelebaran bercak tidak teratur.

–          Permukaan bercak tidak rata dan kasar.

–          Terkadang mengeluarkan darah dan nanah.

–          Terkadang juga berkembang menjadi luka dan koreng yang tak sembuh-sembuh.

Jika ciri dan gejala-gejala seperti di atas ditemukan pada kulit Anda sebaiknya waspadalah. Langkah terbaik segera periksakan ke dokter spesialis kulit terdekat.

Cara Mencegah Kanker Kulit

Setelah mengenal ciri-cirinya, selanjutnya yuk ketahui cara untuk mencegahnya. Langkah alami untuk mencegah kanker kulit adalah dengan menghindari paparan sinar matahari dari pukul sembilan pagi hingga pukul empat sore. Karena, pada waktu-waktu tersebut intensitas sinar UV pada sinar matahari sedang banyak-banyaknya.

Cara kedua untuk mencegah kanker kulit adalah dengan menggunakan krim atau lotion pelindung atau tabir surya atau sunscreen atau sunblock. Nah, bagi Anda kaum muslimah sebaiknya mengikuti perintah Allah dalam Al quran untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat. Karena, kaum wanita umumnya memiliki kulit yang lebih tipis dan berwarna lebih terang. Artinya perlindungan alami kulit wanita lebih lemah dari pada kulit laki-laki. Dengan demikian, melaksanakan syariat Allah merupakan salah satu cara untuk memberikan perlindungan alami pada diri.

Ketiga, periksa kulit secara berkala dari ciri-ciri atau gejala-gejala kanker kulit di atas. Jika ditemukan ciri dan gejala-gejala di atas, segera periksakan kulit Anda pada dokter spesialis kulit.

Sip, demikian artikel tentang ciri-ciri kanker kulit dan cara mencegahnya, semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...