Kesehatan / Herbal / Ciplukan, Khasiat dan Cara Membuat Ramuan Herbalnya

Ciplukan, Khasiat dan Cara Membuat Ramuan Herbalnya

Waktu kecil saya paling senang berburu buah satu ini. Buahnya cukup unik karena tersembunyi di dalam bungkus kelopak yang menggelembung. Tampak seperti lampion berwarna hijau yang tergantung di ketiak daun. Buah ciplukan sendiri berbentuk bulat seperti kelereng, tapi ukurannya lebih kecil. Rasanya sangat manis jika sudah matang.

buah-ciplukan

gambar: ccrc.farmasi.ugm.ac.id

Tumbuhann ciplukan (Physalis angulata) diperkirakan berasal dari Amerika. Kemudian menyebar ke berbagai kawasan di dunia seperti Pasifik, Australia, dan Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri jarang yang dibudidayakan secara khusus. Umumnya, tanaman ciplukan tumbuh secara alami di halaman, ladang, kebun-kebun dan lahan terbuka lainnya. Banyak yang tidak mengetahui bahwa tanaman unik ini merupakan tanaman herbal yang kaya manfaat.

Khasiat Ciplukan

Hampir seluruh bagian dari tumbuhan ciplukan berkhasiat sebagai obat. Misalnya, akar tumbuhan ciplukan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit cacing dan menurunkan demam pada anak. Daun tumbuhan ciplukan berkhasiat untuk mengobati berbagai cidera dan penyakit pada tubuh, seperti patah tulang, busung air, borok, bisul, keseleo, nyeri perut dan kencing bernanah. Sementara itu buah ciplukan yang memiliki rasa manis juga berkhasiat untuk mengobati penyakit kuning, epilepsi dan susah buang air kecil.

khasiat ciplukan

gambar: ccrc.farmasi.ugm.ac.id

Cara Membuat Ramuan Herbal

Berikut beberapa teknis membuat ramuan herbal untuk mengobati berbagai penyakit:

1. Diabetes Militus

Bahan yang dibutuhkan adalah satu batang tumbuhan ciplukan utuh. Cabut tumbuhan ciplukan beserta akar-akarnya dan dibersihkan. Adapun cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut. Bahan yang sudah disiapkan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas saja. Setelah dingin disaring. Minum air rebusan satu kali sehari.

2. Sakit Paru-Paru

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu tumbuhan ciplukan utuh dengan akar, batang, daun, bunga dan buahnya. Bahan herbal dibersihkan dengan air mengalir kemudian direbus dalam 3-5 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan disaring. Ramuan diminum 3 kali sehari, masing-masing satu gelas.

3. Borok

Bahan yang diperlukan adalah satu genggam daun ciplukan dan 2 sendok air kapur sirih.  Tumbuk semua bahan hingga halus, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Demikian sekilas informasi tentang khasiat dan cara membuat ramuan dari tumbuhan herbal ciplukan. Semoga bermanfaat! Suka dengan artikel ini, silahkan like dan komen yaa!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

7 comments

  1. Saya baru pertama kali mendengar buah ciplukan, Mak. Lucu, ya, namanya hehehe. Thank for sharing ya, Mak :)

    • Foto Profil dari Neti Suriana

      Nama daerahnya macam-macam mak Sary, biasanya org jawa menyebutnya ciplukan. Klu di daerahku (riau) kami menyebutnya buah seletop, ada juga yg menyebutnya leletep, cecendet, kaceplokan, angket dll. Tanaman ini memang jarang dibudidayakan kok. jd wajar klo byk yg ngak tau hehe….,
      thank you dah komen yaa mak :)

  2. bisa dipakai untuk pengobatan juga ya ciplukan ini?
    saya kangen dengan rasanya yang enak, asem agak manis, kalo sudah matang rasanya manis, sensasinya lain dari buah yang lain, ternyata bermanfaat untuk kesehatan, makaish

  3. Makanan saya waktu kecil, sekarang sudah langka. Hebat juga kasiatnya ya Jeng.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

  4. sangat memberikan pengetahuan bangert gays di kebetulan saya membudidayakan siap membantu jika membutuhkanya,numpang sher gays agi yang minat tumbuhan dan buahnya silahkan hubunggi 082280076100 tq gays

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...