Kesehatan / Informasi / Cerdas Mengelola Kolesterol

Cerdas Mengelola Kolesterol

Belovers, kolesterol seringkali dijadikan sebagai kambing hitam di balik berbagai penyakit degeneratif yang menyerang manusia. Apa sih yang dimaksud dengan kolesterol? Mengapa kolesterol selalu dikaitkan dengan berbagai problem kesehatan manusia modern?

Lebih Dekat dengan Kolesterol

Ya, apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak dalam darah. Kolesterol merupakan lemak hewani yang tidak larut dalam air. Ia berbentuk lilin dan terdapat dalam sel-sel darah hewan dan manusia.

Gambar: http://nutritionreview.org

Gambar: http://nutritionreview.org

Meskipun sering menjadi faktor penyebab masalah kesehatan dalam tubuh manusia, namun keberadaan kolesterol dalam darah tetap dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kolesterol termasuk salah satu komponen zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, di samping zat gizi lainnya. Dalam tubuh, kolesterol didistribusikan oleh lipoporotein ke berbagai bagian tubuh yang memerlukannya. Kolesterol dalam tubuh berfungsi sebagai sumber energi yang cukup besar dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Khususnnya dalam pembentukan dinding-dinding sel baru. Tidak hanya itu, kolesterol juga dibutuhkan dalam pembentukan asam empedu, vitamin D, dan hormon-hormon steroid.

Dari sini bisa kita pahami bahwa pada dasarnya kolesterol bukanlah sumber masalah. Kolesterol tidak ada bedanya dengan karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan zat gizi lain yang diperlukan oleh tubuh. Kolesterol memegang fungsi khusus dalam tubuh yang tidak bisa digantikan oleh zat-zat lainnya. Keberadaannya jelas diperlukan oleh tubuh.

Lalu, mengapa kolesterol selalu dipandang sebagai biang kerok berbagai penyakit kronis dewasa ini?

Kapan Kolesterol Menjadi Masalah

Yes, Belovers tentu juga ingin tahu ada apa dengan kolesterol? Mengapa dia selalu dipandang sebagai penyebab dari berbagai masalah kesehatan. Padahal pada sub bab sebelumnya dikatakan bahwa kolesterol merupakan salah satu komponen lemak terbesar dalam darah manusia dan hewan. Keberadaannya dalam tubuh juga sangat diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi penting.

Ternyata jawabannya adalah ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas kebutuhan tubuh. Ya, dalam hidup ini segala sesuatu yang berlebih selalu tidak baik dan berefek negatif. Jangankan kolesterol yang berlebih, minum air putih berlebihan pun akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Hanya saja, kelebihan kolesterol dalam darah sering kali tidak kita sadari. Dan baru disadari ketika kolesterol telah menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh kita. Sehingga, seringkali kolesterol menjadi kambing hitam bagi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Ya, kolesterol baru akan menjadi masalah ketika kadarnya dalam darah melebihi ambang batas kebutuhan tubuh. Kolesterol yang berlebih ini tidak terpakai dan akhirnya ditimbun dalam dinding pembuluh darah. Semakin banyak kolesterol yang tidak terpakai semakin banyak yang ditimbu pada dinding pembuluh darah. Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya kondisi yang disebut dengan aterosklerosis, yaitu kondisi di mana terjadinya penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

Oleh karena itu, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah berpotensi menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Jika penyumbatan ini terjadi pada pembuluh darah jantung, maka ia akan berpotensi menyebabkan terjadinya serangan jantung. Sementara jika penyumbatan ini terjadi pada pembuluh darah otak, maka akan berpotensi menyebabkan terjadinya serangan otak (stroke). Adapun gejala awalan serangan ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah atau yang dikenal dengan istilah darah tinggi.

Yuk Cerdas Mengelola Kolesterol!

Dari penjelasan di atas bisa kita pahami bahwa kolesterol merupakan zat penting yang harus ada dalam tubuh manusia. Namun, kadar kolesterol dalam tubuh harus dikelola dengan baik agar tidak berlebihan. Sebab, kadar kolesterol yang melebihi ambang batas yang dibutuhkan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Semakin tinggi kadar kolesterol dalam darah, maka akan semakin membahayakan kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, kadar kolesterol dalam darah harus dikelola dengan baik. Agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Nah, sehubungan dengan hal tersebut, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk mengelola kolesterol darah, yaitu:

  1. Cek kadar kolesterol secara teratur

Ada anggapan yang keliru di tengah-tengah masyarakat. Di mana terkadang kita beranggapan bahwa kolesterol tinggi hanya terjadi pada mereka yang sudah berusia empat puluh tahun ke atas. Ini adalah anggapan yang salah besar. Kolesterol tinggi sangat mungkin terjadi pada mereka yang lebih muda. Sebab, tinggi rendahnya kolesterol sangat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup, khususnya pola makan.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk melakukan cek kolesterol secara berkala. Cek kadar kolesterol ini penting untuk memastikan bahwa kadar kolesterol darah kita dalam kondisi aman. Disamping itu, jika kondisi kolesterol cukup tinggi kita bisa mengendalikannya sedini mungkin. Sehingga tidak sampai membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Kurangi konsumsi makanan dan minuman berminyak

Makanan minuman berminyak merupakan sumber asupan lemak jenuh dan kolesterol bagi tubuh. Oleh sebab itu, sedapat mungkin makanan minuman berminyak, berlemak dan tinggi kolesterol dihindari. Misalnya: jeroan, kepiting, udang, kerang, daging, santan, minyak, margarin, dan lain-lain.

  1. Rajin olahraga dan melakukan aktivitas fisik.

Olahraga dan aktivitas fisik bermanfaat untuk membakar lemak dan mengeluarkan kolesterol yang menumpuk dalam tubuh. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol total dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan membantu membuang kolesterol jahat (LDL) dari dalam pembuluh darah.

  1. Perbanyak konsumsi makanan berserat dan kaya fitosterol

Buah dan sayur merupakan makanan yang kaya serat. Jenis makanan ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebab, kandungan serat pada buah dan sayur ibarat spon yang mampu mengikat kolesterol agar tidak beredar dalam darah.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah dan sayur juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah. Namun ingat, vitamin C dalam buah dan sayur mudah hilang jika dimasak terlalu lama. Oleh karena itu, buah dan sayur sebaiknya tidak dimasak terlalu matang agar vitaminnya tidak hilang. Dan lebih baik lagi jika dikonsumsi dalam bentuk mentah (raw).

  1. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan. Jangan pernah bermimpi hidup sehat jika Anda masih belum bisa meninggalkan rokok. Rokok dapat mendorong terjadinya penumpukan lemak pada dinding arteri. Akibatnya terjadi penyempitan pada pembuluh arteri. Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah.

Hidup sehat adalah hak semua orang tanpa terkecuali. Hanya saja, terkadang pola hidup yang salah seringkali telah merampas kesempatan untuk hidup sehat tanpa kita sadari. Seperti pola makan yang salah, merupakan pemicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Sebab itu, yuk mengelola kolesterol dengan baik. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...