Kesehatan / Lain-lain / Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Cara mengobati bisul – Bisul (abscessus) pada dasarnya bukan jenis penyakit yang berbahaya. Namun demikian,  serangan penyakit ini sangat mengganggu. Menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian bisul.  Hal ini tentu membuat kita merasa tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Apalagi jika bisul terdapat pada tubuh bagian pantat.

Bisul, Apa Sih?

Gambar: bisul-forum.detik.com

Gambar: bisul-forum.detik.com

Ya, apa yang dimaksud dengan bisul? Bisul adalah bentuk gangguan pada tubuh yang terjadi akibat bagian tubuh tersebut terinfeksi oleh kuman.Bisul terbentuk karena adanya reaksi pertahanan tubuh untuk melawan infeksi dari kuman agar tidak menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Hasil dari reaksi pertahanan tubuh tersebut adalah kumpulan nanah yang kemudian membentuk gejala bisul.

Gejala bisul terjadi karena adanya infeksi bakteri pada akar rambut pada kulit. Adapun kumpulan nanah pada bisul berisi bakteri hidup dan bisa menular pada bagian tubuh yang lain jika nanah tersebut keluar dan menempel pada bagian kulit yang lain. Gejala yang dapat terlihat antara lain:

  • Benjolan merah pada kulit yang membesar dan bernanah setelah beberapa hari kemudian.
  • Bisul akan pecah dengan sendirinya yang disertai dengan rasa nyeri dan berdenyut-denyut.

Cara Mencegah Bisul

Pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Demikian juga dengan gejala bisul ini. Tindakan pencegahan tetap jauh lebih utama dari pada mengobati. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan agar gejala bisul tidak tumbuh pada tubuh kita:

  • Jaga kebersihan kulit.
  • Jika ditemukan gatal akibat infeksi pada kulit, jangan digaruk.
  • Oleskan cairan antibiotik pada bagian kulit yang terluka.

Cara Penanganan Bisul

Nah, jika gejala bisul ditemukan pada tubuh kita, apa yang bisa dilakukan untuk menanganinya? Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menanganis gejala bisul pada bagian tubuh kita:

  • Kompres bisul dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan air hangat selama lebih kurang 15 menit. Lakukan sebanyak 1-2 kali sehari.
  • Jika bisul pecah, jaga agar bagian tersebut tetap bersih dan nanahnya tidak menyebar ke bagian kulit yang lain.
  • Cuci tangan dengan dengan sabun sebelum menyiapkan makanan dan mencegah penularan dari infeksi bakteri.
  • Jika gejala tidak berkurang, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gangguan penyakit bisul pada tubuh sebenarnya akan sembuh dengan sendiri jika bisul tersebut sudah pecah dan mengering. Akan tetapi, jika ditangani dan diobati dengan tepat proses penyembuhannya tentu akan lebih cepat. Nah, obat-obatan dari bahan alami bisa menjadi alternatif tepat untuk mengobati penyakit bisul. Berikut adalah beberapa herbal beserta ramuannya yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit bisul:

–          Daun Tapak Dara

Satu genggam daun tapak dara ditumbuk hingga halus. Tempelkan hasil tumbukan tersebut pada bagian kulit yang mengalami bisul. Lakukan setiap hari hingga sembuh.

–          Daun dan Bunga Kembang Sepatu

Ambil dua lembar daun dan letakkan langsung pada bisul. Lakukan setiap dua kali sehari, pagi dan sore.

–          Getah Nangka

Campurkan getah nangka dengan sedikit cuka. Hangatkan campuran tersebut, kemudian gunakan untuk mengompres bagian tubuh yang mengalami bisul. Bungkus bahan-bahan tersebut dalam lembaran-lembaran kain kasa bersih untuk mengompres bisul tersebut. Lekatkan kompres pada bisul selama dua puluh menit setiap pagi dan sore hari.

–          Arang

Ambil arang secukupnya hingga halus. Basahi bubuk arang tersebut dengan air, kemudian bungkus dengan sapu tangan bersih. Lekatkan bungkusan tersebut pada bisul setiap dua kali sehari, pagi dan sore.

Demikianlah artikel cara mengobati bisul secara alami ini, semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...