Kesehatan / Informasi / Cara Mencuci Tangan yang Benar

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Cara mencuci tangan yang benar – Sepintas mencuci tangan hanyalah kebiasaan kecil. Saking kecilnya, banyak diantara kita yang mengabaikan tradisi mencuci tangan ini. Padahal, kebiasaan kecil ini sangat berdampak besar bagi kesehatan tubuh kita. Karena, melalui kebiasaan kecil ini kita bisa menghindarkan tubuh kita dari berbagai pensehatplusdotcomyakit.

Mencuci tangan tidak sekedar mengguyur tangan dengan air bersih. Mencuci tangan yang benar juga harus bisa membebaskan tangan dari mikroorganisme yang dapat bersarang di permukaan kulit tangan dan sela-sela kuku. Nah, dalam tulisan ini Blogekstra.com akan berbagi tulisan tentang langkah-langkah cara mencuci tangan yang benar.

Cuci Pakai Sabun

Tangan yang tampak bersih belum tentu bebas dari kuman penyebab penyakit. Jutaan kuman-kuman penyebab penyakit mungkin saja ada yang menempel pada kulit tangan dan sela-sela kuku. Karenanya, mencuci tangan dengan sabun setiap kali akan makan adalah perlu. Sediakan selalu sabun antiseptik di wastafel. Ingatkan selalu anggota keluar –terutama anak-anak—untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan.

Gosok Telapak Tangan

Saat mencuci tangan jangan lupa menggosok kedua telapak tangan. Hal ini bertujuan untuk merontokkan kotoran dan mikroorganisme penyebab penyakit yang menempel di telapak tangan. Kedua telapak tangan bisa saling menggosok satu sama lain saat mencuci tangan di bawah guyuran air bersih.

Gosok Punggung Tangan

Tidak hanya telapak tangan, kedua punggung tangan juga harus digosok. Karena kotoran dan mikroorganisme juga mungkin menempel pada kedua punggung tangan. Jadi kebersihan kedua punggung tangan tidak bisa diabaikan. Sekalipun punggung tangan tidak menyentuh makanan, namun kita tetap harus memastikan bahwa area ini steril dari mikroorganisme penyebab penyakit.

Gosok Sela-sela Jari

Sela-sela jari adalah tempat yang nyaman bagi mikroorganisme penyebab penyakit untuk bersembunyi. Jangan pernah abaikan area ini saat mencuci tangan. Gosok sela-sela jari untuk merontokkan kotoran dan kuman penyebab penyakit. Sehingga,

Gosok Kuku-kuku Jari Tangan

Bagian lain yang perlu digosok saat mencuci tangan adalah area kuku. Karena, pada saat menggosok punggung tangan, area kuku sering kali tidak terjangkau. Gosok area kuku dengan cara saling menggosokkan kuku-kuku jari tangan kiri dan kanan. Lakukan hingga beberapa kali gosokan.

Bilas Tangan di Bawah Air Mengalir

Terakhir, bilas kedua tangan dengan air mengalir. Ingat, gunakan air mengalir untuk membilas kedua tangan. Hindari menggunakan air yang tergenang seperti mencuci tangan dalam kobokan. Karena, air yang tergenang berpotensi menampung kotoran dan kuman penyakit dari tangan yang dicuci. Akibatnya, bisa jadi kuman-kuman tersebut kembali menempel pada tangan Anda kembali. Sebaliknya, jika membilas tangan dengan air mengalir kotoran dan mikroorganisme penyebab penyakit akan langsung rontok bersama air yang mengalir.

OK Belovers, demikian cara mencuci tangan yang benar menurut teori kesehatan. Semoga informasi ini bermanfat! Yuk budayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini dalam kehidupan kita sehari-hari!

Sumber Gambar: www.sehatplus.com

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

3 comments

  1. Benar, budayakan 6 langkah cuci tangan untuk menjaga kesehatan diri.

  2. saya rutin cuci tangan secara seksama…maklum kerja di pabrik bakteri dan virus Mak, untuk melindungi diri dan produk sekaligus.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...