Kesehatan / Lain-lain / Cara Cepat Menurunkan Kolesterol

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol – Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak dalam sel darah manusia, yaitu lemak hewani yang tidak larut dalam air. Kolesterol menempati komponen terbesar dalam darah. Kolesterol dalam tubuh sangat dibutuhkan. Karena kolesterol merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya untuk membentuk dinding-dinding sel dalam tubuh. Selain itu, kolesterol juga dibutuhkan untuk pembentukan hormon-hormon steroid, asam empedu, dan vitamin D. Jadi, keberadaan kolesterol pada kadar normal sangat dibutuhkan dalam tubuh.

Kolesterol baru menjadi masalah ketika kadarnya sudah melebihi batas normal dan menumpuk pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Sehingga aliran darah menjadi tersumbat. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya. Jika penyumpatan terjadi di jantung, hal ini dapat menyebabkan terjadi serangan jantung. Jika penyumbatan tersebut terjadi di otak, ini akan beresiko menyebabkan stroke dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Sumber Gambar: pondokibu.com

Sumber Gambar: pondokibu.com

Nah, tentunya kita tidak ingin kondisi ini terjadi pada diri kita semua bukan? Oleh karena itu, kita harus berikhtiar untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak melebihi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika ternyata kadar kolesterol dalam tubuh sudah terlanjur tinggi, maka kita perlu berupaya menurunkan kadar kolesterol tersebut secepat mungkin. Bagaimana caranya?

Menurunkan kolesterol memang bukan pekerjaan instan. Namun kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan  secara bertahap. Dalam tulisan ini kita akan membahas cara cepat menurunkan kolesterol secara aman dan alami. Jika konsisten menjalankan cara ini, insya Allah kadar kolesterol dalam darah akan turun dengan cepat dan bertahap.

Berikut adalah beberapa cara cepat menurunkan kolesterol yang bisa diterapkan dalam kehidupan Anda:

Menjalani Pola Hidup Sehat

Menjalani pola hidup sehat adalah kunci pertama untuk kembali menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini juga yang disarankan oleh National Heart, Lung and Blood Institute Amerika sejak tahun 1985 melalui program kampanye peduli kolesterol (National Cholesterol Education Programme). Nah, seperti apa pola hidup sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol tersebut? Berikut adalah pola hidup sehat yang harus dijalani dalam cara cepat menurunkan kadar kolesterol:

  1. Mengurangi asupan lemak jenuh dalam tubuh, kurangi konsumsi makanan dan minuman berminyak.
  2. Mengkonsumsi makanan berserat yang cukup.
  3. Perbanyak aktivitas fisik untuk membakar kelebihan lemak dalam tubuh.
  4. Menjaga tekanan darah
  5. Berhenti merokok dan minuman keras
  6. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan fitosterol, seperti; sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum).

Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat

Berat badan berlebih, khususnya pada wanita cenderung berbanding lurus dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Kandungan trigliserida pada wanita gemuk cenderung tinggi, sementara kadar HDL (kolesterol baik) cenderung rendah. Oleh karena itu, jika Anda memiliki berat badan berlebih sebaiknya segera mengontrol pola makan. Segera lakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Kolesterol dapat diturunkan dengan memperbanyak asupan makanan penurun kolesterol. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kolesterol. Umumnya, makanan yang kaya serat merupakan jenis makanan peluruh kolesterol. Kandungan serat pada buah dan sayur salah satu fungsinya adalah mengikat kolesterol. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah.

Nah, sebagai referensi berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu:

  1. Bawang putih
  2. Tempe
  3. Teh
  4. Anggur
  5. Apel
  6. Alpukat
  7. Blueberry
  8. Ikan

Terakhir, satu hal yang perlu diingat adalah cara cepat menurunkan kolesterol ini bukanlah cara instan. Cara ini tetap membutuhkan waktu dan bertahap. Namun, jika dijalankan secara konsisten insya Allah adalah cara yang paling cepat dan aman untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah. Karena itu, yuk jangan ragu untuk mencoba.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...