Kesehatan / Informasi / Buah Segar, Menu Sarapan Praktis dan Sehat

Buah Segar, Menu Sarapan Praktis dan Sehat

Sudahkah Anda terbiasa sarapan pagi sebelum beraktivitas? Seringkali orang mengabaikan sarapan pagi karena berbagai alasan. Mulai dari tidak selera, repot, tidak sempat dan berbagai alasan remeh lainnya. Padahal, sarapan pagi sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Khususnya untuk memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas dari pagi hingga siang hari. Oleh karena itu, jangan pernah abaikan sarapan pagi walau hanya dengan mengkonsumsi beberapa potong buah segar. Ya, buah-buahan segar bisa menjadi pilihan tepat untuk menu sarapan praktis dan sehat.

www.lampost.co

www.lampost.co

Ya, satu hal yang perlu kita ingat menu sarapan praktis dan sehat tidak harus dengan makanan berat. Justru, jenis makanan yang ideal diterima oleh tubuh di pagi hari adalah jenis makanan yang gampang dicerna dan nutrisinya mudah dicerna. Nah, buah-buahan merupakan jenis makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.

Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah mengapa kita harus mengkonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna oleh tubuh di pagi hari?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan irama biologis sistem pencernaan tubuh manusia. Irama biologis sistem pencernaan manusia terbagi dalam 3 fase, yaitu:

Pertama: fase cerna

Terjadi selama rentang waktu pukul 12.00 hingga puku 20.00. Pada fase ini sebagian besar energi pada sistem pencernaan dialokasikan untuk mencerna makanan. Secara biologis, organ cerna siap mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, pada fase ini sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan berkualitas dengan kombinasi yang tepat. Agar proses pencernaan makanan dalam tubuh berlangsung optimal.

Kedua: fase serap

Berlangsung dari pukul 20.00 hingga pukul 04.00. Pada fase ini tubuh berkonsentrasi untuk menyerap zat-zat nutrisi yang sudah dicerna dari makanan. Proses penyerapan ini memerlukan energi yang tidak kalah besarnya. Karena itu, pada fase ini sebaiknya kita tidak membebani tubuh dengan asupan makanan baru. Agar energi tubuh terkonsentrasi untuk proses penyerapan.

Ketiga: fase buang

Nah, fase buang ini terjadi di waktu pagi hingga siang hari. Yakni, dari pukul 04.00 hingga pukul 12.00. Pada fase ini sebagian besar energi tubuh dikonsentrasikan untuk membuang sisa metabolisme tubuh. Yakni melalui feses, keringat dan urin. Nah, agar proses pembuangan ini berlangsung optimal, maka pada fase ini kita disarankan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan yang sulit dicerna, seperti makanan yang mengandung pati dan protein. Nah, inilah alasannya mengapa sarapan pagi yang ideal bagi tubuh itu adalah makanan yang mudah dicerna.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa jenis makanan yang mudah dicerna itu? Jawabannya adalah buah-buahan segar. Ya, bagi Anda penganut pola makan food combining mungkin tidak asing lagi dengan hal ini. Dalam food combining dipercaya bahwa buah merupakan menu sarapan praktis dan sehat yang paling ideal bagi tubuh. Sebab, buah mengandung fruktosa sebagai sumber energi yang siap digunakan tubuh tanpa memberatkan organ pencernaan.

Jadi, bagi Anda yang selama ini malas sarapan pagi karena alasan repot atau tidak sempat menyiapkan menu sarapan praktis dan sehat, cobalah sarapan dengan buah segar. Dengan sarapan buah Anda tidak perlu repot masak di pagi hari. Selain praktis tentunya juga sehat dan sangat ideal untuk dikonsumsi di pagi hari. Nah, selamat mencoba! Dan yang penting jangan pernah abaikan sarapan pagi, sebab sarapan pagi itu penting.

Referensi:

Yuliandari, W. 2015. Food Combining, Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah. Jakarta: Kawan Pustaka.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...