Kesehatan / Herbal / Beberapa Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Beberapa Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Manfaat tanaman lidah buaya – Anda tahu tanaman lidah buaya? Tanaman lidah buaya terkadang sering ditemukan sebagai tanaman hias mempercantik taman. Seperti namanya, tanaman ini memiliki ciri fisik mirip lidah buaya yang terjulur. Tanaman ini memiliki daun berdaging tebal. Sisi-sisi daunnya berduri tumpul. Mungkin inilah yang menyebabkan tanaman ini mirip dengan lidah buaya.

Tanaman lidah buaya dikenal mudah tumbuh meski tidak mendapat perawatan maksimal. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di berbagai media tanam.  Baik dalam media tanam berpasir ataupun media tanaman berupa tanah liat. Tanaman ini berakar serabut. Akar berukuran cukup besar dan tumbuh memanjang. Hal ini memungkinkan tanaman lidah buaya mampu menyerap air tanah dengan mudah.

Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah bagian daunnya. Daun tanaman lidah buaya berdaging tebal dan berlendir. Adapun manfaat tanaman lidah buaya secara umum adalah:

Bahan Makanan

Tidak semua jenis tanaman lidah buaya enak dikonsumsi. Jenis tanaman lidah buaya yang enak dikonsumsi biasanya berasal dari jenis lidah buaya yang berukuran besar. Bagian tanaman yang dikonsumsi adalah daging daunnya yang tebal. Biasanya dikonsumsi sebagai pelengkap minuman sirup. Saat ini, kita bisa menemukan minuman lidah buaya kemasan dengan mudah di pasaran.

Penyubur Rambut

Sejak zaman dahulu tanaman lidah buaya sudah populer sebagai bahan penyubur rambut. Beberapa produk sampo juga diketahui mengandung bahan lidah buaya. Sebagai penyubur rambut Anda bisa menggunakan daun lidah buaya segar secara langsung. Caranya sangat mudah. Ambil sepotong daun lidah buaya. Kemudian oleskan lendirnya pada kulit kepala. Diamkan selama lebih kurang satu jam, baru kemudian cuci rambut dengan sampo.

Lidah Buaya Sebagai Obat

Lendir daun lidah buaya mengandung zat perekat yang baik untuk mengobati luka. Jika bagian kulit luar Anda terluka, segera olesi dengan lendir lidah buaya setelah dibersihkan. Maka luka akan lekas mengering dan sembuh.

Lidah buaya juga memiliki khasiat untuk mengobati luka dalam tubuh. Seperti luka pada lambung dan usus. Untuk mengobati luka dalam tubuh bisa dilakukan dengan meminum cairan lidah buaya secara teratur.

Bahan Kosmetik

Masyarakat mesir kuno sudah menggunakan tanaman lidah buaya sebagai bahan untuk menjaga kecantikan kulit semenjak ribuan tahun yang lalu. Lendir lidah buaya dipercaya berkhasiat untuk merawat kehalusan kulit. Cara menggunakannya sangat sederhana sekali. Cukup oleskan lendir daun lidah buaya pada kulit yang kasar. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Demikian beberapa manfaat tanaman lidah buaya bagi kita. Semoga bermanfaat..

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...