Kesehatan / Informasi / Bahaya Makanan Manis Bagi Anak-anak

Bahaya Makanan Manis Bagi Anak-anak

Bahaya makanan manis – Anak-anak pasti sangat suka dengan makanan yang manis-manis. Tidak sedikit jajanan kesukaan si kecil memiliki rasa yang serba manis. Seperti coklat, es krim, permen, dan makanan kemasan lainnya yang sarat dengan gula yang menjadi favorit si kecil. Memang tidak terlarang bagi anak untuk makan makanan yang manis. Asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak dan segera menggosok gigi.makanan manis

Namun, jika konsumsi makanan manisnya berlebihan dan tidak memperhatikan kebersihan mulut bisa membahayakan kesehatan si kecil. Dalam tulisan ini Blogekstra.com ingin berbagi informasi tentang bahaya makanan manis berlebih pada anak.

Merusak Gigi

Pernah melihat gigi si kecil hitam-hitam dan rusak? Nah, hal ini umumnya disebabkan karena mengkonsumsi jajanan manis dalam jumlah banyak dan sering. Apalagi jika si kecil selalu lalai membersihkan gigi dan mulut setelah mengkonsumsi jajanan manis-manis. Sisa makanan manis yang menempel pada gigi akan mengundang aktivitas bakteri untuk mengurai zat gula yang ada pada sisa makanan. Penguraian tersebut akan menghasilkan senyawa asam yang dapat merusak gigi.

Rentan Terserang Flu, Batuk dan Alergi

Selain merusak gigi, efek lain yang paling umum adalah flu, batuk dan alergi.  Makanan dan minuman dingin yang mengandung pemanis buatan menyebabkan si kecil rentan terserang flu. Selain itu pemanis buatan yang terkandung dalam makanan dan minuman dingin, seperti es manis, es krim dan sejenisnya dapat menyebabkan timbulnya radang tenggorokan.

Tidak Nyaman pada Tenggorokan

Makanan manis, terutama yang berupa jajanan dalam kemasan biasanya mengandung pemanis dan pengawet buatan. Salah satu dampak negatif dari pemanis buatan adalah dapat menimbulkan radang tenggorokan. Sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada tenggorokan.

Imunitas Tubuh Menurun

Dalam tubuh manusia terdapat triliunan bakteri baik yang berperan penting dalam membantu proses pencernaan makanan dan melindungi tubuh dari serangan kuman penyakit. Asupan makanan manis yang berlebih dapat mengganggu keseimbangan populasi bakteri baik dan bakteri buruk. Akibatnya sistem imunitas tubuh anak menjadi lemah.

Memperburuk Pola Makan Anak

Makanan manis membuat anak cepat kenyang dan suka ngemil. Anak menjadi tidak suka buah, sayur dan makanan sehat lainnya. Anak lebih suka ngemil dan pemilih dengan makanan. Ia lebih memilih makanan manis dari pada makanan sehat lainnya. Akibatnya, saat jam makan anak kurang bernafsu untuk makan. Akibatnya pola makan anak menjadi buruk dan tidak teratur.

Demikian informasi tentang bahaya makanan manis berlebih pada si kecil. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...